Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Anggun Novianti

Judul : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN
Abstrak :

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi yang terdiri dari media animasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajarn audio visual animasi terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 27 butir soal dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,770. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t, maka terdapat pengaruh dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran diperoleh N-Gain 70 dengan ketuntasan hasil belajar 100% sedangkan kelompok kelas kontrol diperoleh N-Gain 52 dengan ketuntasan hasil belajar 80,5%. hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol meyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel (4,6436>1,6675). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran di kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : hasil belajar, media animasi

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2019
ISSN/ISBN : DOI: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127
PTN/S : Universitas Muhammadiyah Gresik Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Adam, Steffi. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CIBS Journal, Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794 [21 Juni 2019] Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media Johari, Andriana. Hasan Syamsuri. Rakhman Maman. 2014. Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.1 [30 Oktober 2018] Kartikasi, Galuh. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia. Dinamika Penelitian, Vol 16, No.1 [6 November 2018] Sadiman, S. Arif, R.Rahardjo, dan Anung Haryono. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sukiyasa, Kadek. Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3 [17 Desember 2018] Sukmanasa, Elly., Windiyani, Tustiyaya., Novita, Lina. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal JPSDUntirta. Vol.3 No.2. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2138. (diakses 5 Mei 2019)  Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pernamedia Group. Wina, Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana PRENADAMEDIA GROUP Widhiarso, W. 2011. SKALO: Program Analisis Skala Guttman. Program Komputer. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yulia, D. Arifin Muhammad. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi dalam Pembelajaran IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Historia, Volume 10 [17 Desember 2018]. Viviantini. Amran Rede. Sahrul Saehana. 2015. Pengaruh Media Video Teradap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 4  
 

URL : http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1127

 

Document

 
back