Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

B Seftan, Anna Permanasari, Bibin Rubini

Judul : PENGEMBANGAN INTERACTIVE PROBLEM BASED MODULE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA
Abstrak :

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) terbatas dengan desain ADDIE yang diharapkan akan menghasilkan produk berupa Interactive Problem Based Module (IPBM). Penelitian selanjutnya dilakukan untuk mengetahui efektifitas dari IPBM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis (CT) dan penguasaan konsep IPA siswa pada materi kepadatan populasi dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP di Kota Bogor semester genap tahun 2017. Populasi penelitian berjumlah 33 orang siswa yang ditentukan secara purposive sampling. Penelitian pre-eksperimen ini dilakukan dengan pre-post test design. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan uraian yang sebelumnya telah diuji terhadap item tes berupa uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan daya pembeda soal. IPBM divalidasi oleh ahli dari segi media maupun materi dengan penilaian dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan IPBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh Hasil implementasi terlebih menyeluruh terhadap penggunaan IPBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa dengan %N-gain 48, dan meningkatkan Penguasaan Konsep siswa dengan %N-gain 40. Siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah 27 orang dari 33 siswa. Kata Kunci: Interactive Problem Based Module, Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep 

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 01 / 2017
ISSN/ISBN : e-ISSN 2549-7170
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Referensi Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Costa, A.L. 1988. Developing Mind. Association for Supervision and Curriculum Development : USA Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar. Jakarta: Gramedia Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill High Education. Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. http://www.physics.indiana. edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses tanggal 23 januari 2016 Purwanto, D & Yuliani. 2013. Pengembangan media komik IPA terpadu tema pencemaran air sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 01(01), 71-76. Rubini, B & Sofyan, D. 2013. Building Learning Community to Enchance Staff’s Capability in Basic Science Learning for non-Science Student. International Journal of Scientific & Engineering Research, 4(12), 128- 133. Sada, M.A & Yusri. 2016. Prospects of Problem-Based Learning in Building Critical Thinking Skills among Technical College Students in Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences,7(3) Sudijono,A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Syafii, W & Yasin, M.R. 2013. Problem Solving Skills and Learning Achievements Through Problem-Based Module in Teaching and Learning Biology in High School. Asian Social Science,9(12)

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/381/304

 

Document

 
back