Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rifki Risma Munandar, Susi Sutjihati, Aip M. Irpan

Judul : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM RESPIRASI
Abstrak :

Belajar merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).mengkaji penguasaan konsep mahamahasiswa dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. 2) Mengkaji aktivitas mahasiswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. Metode kuasi eksperimen dengan disain one shot case study. Sampel penelitian yaitu mahasiswa kelas A dan kelas B semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan Bogor sebanyak 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah praktikum Biologi Umum dengan materi Respirasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep menggunakan soal essai ditambah dengan lembar observasi ketika proses pebelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis lesson study sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem respirasi dan aktivitas mahasiswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya nilai mahasiswa yang melebihi batas ketuntasan sebanyak 80%. Saran agar dosen dapat menerapkan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri pada materi lain.
Kata kunci: Inkuiri, Praktikum, Penguasaan Konsep

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 3 / 2 / 2019
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Arikunto,S (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Campbell, N.A., Reece, J.B., dan Mitchel, L.G. (2008). Biology Eight Edition. San Francisco: Pearson Education, Inc.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.


Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan konsep Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).


Hendayana, Sumar., Sukirman., Karim, MA. 2007. Studi peran IMSTEP dalam penguatan program pendidikan guru MIPA di Indonesia. Educationist. Vol 1 (1): 28-38.


Lang, H. R., dan Evans. (2006). Models, Strategies, and Methods: for Effective Teaching. Amerika: Pearson Education.


Lewis, C. 2002a. Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Nagoya Journal of education and human development. No 1: 1-23. Online. www.lessonresearch.net/nagoyalsrev.pdf . Diakses pada tanggal 9 September 2013 .


Mu’ayadah, L., Utami, N, R., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 79–85.


Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.


Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A. Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D., Nujhani, M. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press


Rustono, W. S. 2008. Meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan strategi pembelajaran melalui lesson study di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar. (10):1-7.


Santyasa, I Wayan. 2009. Implementasi lesson study dalam pembelajaran. Disajikan dalam ”Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida, Tanggal 24 Januari 2009. Universitas Pendidikan Ganesha.


Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Solehudin, M. (2011). “Kegiatan Laboratorium Pemecahan Masalah pada Konsep Alat Indra untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA”. Makalah pada Seminar Nasional dan Temu Alumni III UPI, Bandung.


Utami, R. Sumarni, W. Habibah, N. A. (2017). Unnes Science Education Journal. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349
Zacharia, Z. C., Olympiou, G., & Papaevripidou, M. (2008). “Effects of experimenting with physical and virtual manipulatives on students’ conceptual understanding in heat and temperature”. Journal of Research in Science Teaching, 45, (9), 1021 – 1035.

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

 

Document

 
back