Judul | : | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM RESPIRASI | |||
Abstrak | : | Belajar merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).mengkaji penguasaan konsep mahamahasiswa dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. 2) Mengkaji aktivitas mahasiswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. Metode kuasi eksperimen dengan disain one shot case study. Sampel penelitian yaitu mahasiswa kelas A dan kelas B semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan Bogor sebanyak 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah praktikum Biologi Umum dengan materi Respirasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep menggunakan soal essai ditambah dengan lembar observasi ketika proses pebelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis lesson study sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem respirasi dan aktivitas mahasiswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya nilai mahasiswa yang melebihi batas ketuntasan sebanyak 80%. Saran agar dosen dapat menerapkan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri pada materi lain. |
|||
Tahun | : | 2019 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 3 / 2 / 2019 |
ISSN/ISBN | : | 2550-0406 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Bibliography | : | Arikunto,S (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
|
|||
URL | : | http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal |