Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Leora Grahadila Andovita, Hanif Pujiati, Aceng Rahmat

Judul : Tingkat Koherensi Mikro pada Karya Ilmiah Mahasiswa
Abstrak :

Kata penghubung yang digunakan untuk mengaitkan kalimat dan paragraf seringkali tidak digunakan dengan tepat pada penulisan proposal penelitian, terutama bagian subbab latar belakang penelitian. Salah satu penyebabnya adalah interferensi bahasa ibu sebagai bahasa pertama. Hal ini menyebabkan kesulitan ketika mahasiswa memiliki konsep berbahasa Indonesia dalam pikirannya sedangkan mereka harus menuliskan konsep tersebut dalam bahasa Inggris karena secara gramatika kedua bahasa tersebut berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat koherensi mikro dalam penulisan subbab latar belakang penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis isi dan desain penelitiannya analisis deskriptif. Enam proposal penelitian diperoleh dari pengumpulan pertama pada awal semester. Data tersebut diperoleh dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji triangulasi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa mahasiswa telah dapat menggunakan kata penghubung. Mereka dapat menggunakan kata penghubung sesuai dengan fungsinya. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa dari enam proposal penelitian hanya terdapat satu kata penghubung yang penggunaannya tidak tepat berdasarkan fungsinya. Di samping itu, mahasiswa sudah sadar penggunaan kata penghubung untuk membuat pembaca paham isi dan konteks yang ada di dalam latar belakang penelitian. Dengan demikian, pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan kata penghubung sudah baik.

Kata Kunci: mikro level koherensi, paragraf, karya tulis ilmiah

Tahun : 2018 Media Publikasi : jurnal nasional terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 12 / 2018
ISSN/ISBN : 2541-0075
PTN/S : Universitas Negeri Jakarta Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

  1. Astuti,  Y.  F.,    Suryani,  F.  B.  &  Kurniati,  D.  (2010).  The  analysis  of  coherence  in  the background of skripsi written by English Education Department students of Teacher Training and Education Faculty of Muria Kudus University. Jurnal Sosial dan Budaya, 3 (2). ISSN 1979-6889.
  2. Carascalo, O. Ust & Hasanah, R. (2015). An analysis of abstract using micro level coherence and micro level coherence. 4rd ELTLT International Conference Proceeding.
  3. Cargill, M. & O’Connor, P. (2009). Writing scientific research articles: Strategy and steps. West Sussex: Wiley-Blackwell Publishing.
  4. Ellis, R. (1997). The study of second language. Acquisition. Oxford University Press. Emilia, E. (2014). Introducing functional grammar. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.
  5. Fitriati, S. W & Yonata, F. (2017). Examining text coherence in graduate students of english argumentative essay: Case Study. Dialektika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra dan Matematika. Arab World English Journal (AWEL). 8(3), September 2017.
  6. Harmer, J. (2000). How to teach writing. Essex: Pearson Education Limited.
  7. Hua Kuo, C. (1995) Cohesion and coherence in academic writing: from lexical choice to organization. (RELC Journal in Sage Journal. Vo; 26, Issue 1. 1. hal. 47-62
  8. Kane, Th. S.   The oxford essential guide to writing. (2000). New York: Oxford University Press.
  9. Legget, G., C. David Mead, & Melinda G. Kramer. (1988). Handbook for writers. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  10. Li, F., Yuan, X. &  Zhang, C. (2014). Analysis of the problems on coherence in college English writing. International Journal of Language and Linguistic. 2(6): 387-390.
  11. Liyana,  C.  I.  (2013).  Kohesi  dan  koherensi  pada  skripsi  mahasiswa  pendidikan  bahasa Inggris. Electronic Theses & Dissertations (ETD) Gajah Mada University.
  12. McCrimmon, J. M. (1984). Writing with a purpose Boston: Houghton Mifflin Company.
  13. Nopita, D. (2011). Constructing coherent ideas and using coherence devices in written descriptive  essays:  A  study at  the  fourth  grade  English  Department  students  of STBA Haji Agus Salim Bukittinggi. Lingua Didaktika Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa . 4(2), hal.96-104.

URL :

 

Document

 
back