Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Mugih Kasih Dwi Agustin, Wawan Syahiril Anwar

Judul : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWARGANEGARAAN
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek yang diteliti dengan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 17 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai 82 dan siklus kedua memperoleh nilai 93,5. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan pada Kerjasama, Keberanian, Ketelitian siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 72 dan siklus kedua memperoleh nilai 82. adapun rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata

69,7 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata- rata nilai hasil belajar menjadi 78,6 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,5%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat memperbaiki proses hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaran, Cooperative Script.

 

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 9 / 2017
ISSN/ISBN : 24602175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Erwin,        Muhamad.         2010.         Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:    PT Refika Aditama

Hadis, Abddul. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan.

Bandung: Alfabeta

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar Jihad, Asep dan Hadis. 2012. Evaluasi Pembelajaran.

Yogyakarta: Multi Pressindo

Kaelan     dan      Zubaidi.      2010.      Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma Kurniasih,                   Imas.   2015.   Model   pembelajaran.

Jakarta: Kata Pena

Purwanto    .    2011.    Evaluasi    Hasil    Belajar.

Yogyakarta.: Pustaka Pelajar

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Ar- Ruzz Media

Sudjana. Nana. 2005: Penilaian Hasil Proses Belajar

Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono.   Agus.   2009.   Cooperative   Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto.   Ahmad.    2014.    Teori    Belajar    dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Syarbaini,       Sayahrial.       2006.       Pendidikan

 

Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu

Tim   Pengembangan   MKDP.   2013.   Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Winaro.    2008.    Pendidikan    Kewarganegaraan.

Jakarta:  PT Bumi Aksara

URL :

 

Document

 
back