Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Tustiyana Windiyani, Rifa Fazriani

Judul : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstrak :

 Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang menghasilkan desain produk final berupa pengembangan media pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan Powerpoint interaktif. Produk ini peneliti kembangkan dengan menggabungkan langkah-langkah penelitian dari Borg and Gall dan model ASSURE. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis ICT mengacu kurikulum 2013 untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan langkah-langkah prosedur pengembangan di atas peneliti hanya membatasi pada 5 langkah prosedur pengembangan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi ahli, dan (5) revisi desai. Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu yang dibutuhkan dalam penelitian dan media pembelajaran berbasis ICT ini dibuat untuk menjadi pegangan guru sehingga cukup divalidasi oleh empat  guru kelas IV SD yang membuat media pembelajaran berbasis ICT dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 dibantu peneliti

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 2 / 2019
ISSN/ISBN : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1]  Novita, Lina. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia VCD terhadap Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Budaya Masyarakat Demokratis. Jurnal Kreatif: Pendidikan, Kebudayaan dan Seni. Volume 18, No.2.  [2]  Kudsiyah, Siti, dan Harmanto. 2017. Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas VIIID SMPN1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2017, 1 – 15b Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2017, 1 – 15. [3]  Suryani, Nunuk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Jurnal Sejarah, Budaya dan Pengaarannya. http://journal2.um.ac.id /index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1525 (diakses 10 Juli 2018)  [4] Susilana, R. dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan,  dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima. [5] Muslih. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT  pada Lembaga Pendidikan NonFormal TPQ. Jurnal Dimas. Volume 12. Nomor 2.  [6]   Puspitasari, Septiana Dewi. 2015. Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. http://download.portalgaruda.org/ article.php?article =430838&val= (diakses 10 Juli 2018)  [7]  Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta [8]  Nursanti, Ria., Sugiatno. Hartoyo, Agung. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. http://jurnal.untan. ac.id/index.php/jpdpb/ article/view/ 10185  [9]  Sanaky, H. 2013. Media pembelajaran interaktifinovatif. Buku bacaan wajib guru, dosen, dan calon pendidik. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara. [10]   Miftakhul., Nuryanto, Sri., Fawaid, Miftahul. 2010. 9Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information,Communication, And Technology) Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas
X Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMAN1 Banguntapan. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa. https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/ 4266.   [11] Kuncahyono, Sudarmiatin. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 3, No. 2, Desember 2018 Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk  
 

URL :

 

Document

 
back