Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Elly Sukmanasa, Mahesa Yudistira Pratama

Judul : Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Hail Belajar Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Babakan 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Babakan 01 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 65 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perngaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 76, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 68. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 85% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 75%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H 0 ditolak dan H a diterima karena t hitung (2,541)> t tabel (1,998). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 3 / 2019
ISSN/ISBN : ISSN.e 2597-4866,ISSN.p 2599-2821
PTN/S : Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Adam, S. & Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Jurnal: CBIS Journal, 3 (2), hlm.  78-90.
Alfianti, V. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kota. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (3), hlm. 1-10.
Arifin. B. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Senam Roll Depan. Jurnal: Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 01 (01), hlm. 222 – 224.

 Arifin. Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT.     Remaja Rosdakarya.

Arsyad,  A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Budianti, Yudi. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal: Pedagogik, II (2), hlm. 33-38.
Chusnul, Muhamad. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Sisiwa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. Jurnal: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16 (4). hlm.1-8.
Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2013).  Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2010) . Startegi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hayati. M. dkk.(2017).Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota NAJMI. Jurnal: Al-hikmah, 14 (2), hlm. 160180.
Khalistiana, T.M. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Indonesia. Jurnal: Pedadidaktika, Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD, 2 (1), hlm. 129-140.
Kurniawan, T.D.& Trisharsiwi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/201.
Jurnal:  Pendidikan Ke-SD-an. 3, (1), hlm. 21-26.
Musfiqon, (2016). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT Prestasi Pustakarya. 
Nawawi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.
Nurlevia, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Hasil Belajar IPA Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (3), hlm. 1-11.
PISA. (2018). PISA-OECD.org.
https://www.oecd.org › pisa › pisa-2018global-
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal: JKPM, 01 (02), hlm. 257–266
Purwono, J, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal: Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (2),  hlm. 127 – 144. 
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Windiyani, T. & Novita, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal: JPsd Untirta. 4 (1). hlm.91-101.
 

URL : https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE

 

Document

 
back