Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indri Yani, Rita Retnowati, Eka Suhardi

Judul : PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PENCEMARAN
Abstrak :

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri dan kemampuan memecahkan masalah pencemaran. Metode yang digunakan adalah metode inkuiri bebas, dibandingkan dengan metode inkuiri terbimbing, pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemandirin belajar tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Penelitian dilakukan di Universitas Pakuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi dengan sampel 64 orang mahasiswa atau dua kelas homogen yang dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah pencemaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Anava dua arah diperoleh Fhitung = 7,399 > Ftabel = 4,062 (α = 0,05). Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah pencemaran tersebut maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji Tukey. Adapun hasil uji Tukey menunjukkan sejauh mana interaksi tersebut.

 

Kata kunci: metode pembelajaran inkuiri, kemandirian belajar, kemampuan memecahkan masalah pencemaran.

Tahun : 2013 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 6 / 2013
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Daftar Pustaka

Abdullah Aly & Eny Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anike Erliena Arindawati & Hasbullah Huda. 2004. Beberapa Alternatif Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Malang: Bayumedia.

Anisa Basleman & Syamsu M.. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Rosda Karya.

Chiapetta Eugene L.,  and Thomas R. Koballa. 2010. Science Instruction in The Middle and Secondary Schools. Seven Edition, Pearson: Boston.

F. Gunarwan Suratmo. 2007. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gick, M.L. 1986. Problem-solving strategies. Educational Psychologist 21

Hamzah B. Uno. 2006. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris Mujiman. 2009. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaludin Rakhmat. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Joyce, Bruce, Marsha Well, Emily Calhoun. 2009. Model of Teaching. Pearson: Boston.

Karden Eddy Sontang Manik. 2007. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan.

Krulik, S. and Rudnick  J. A. 1996. The New Sourcebook For Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High Schoo., Boston: Allyn and Bacon.

Made Wena. 2003. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksar.

Martin, Lisa. Defining Inquiry, Journal. University Aveneu, Des Moines. (Diakses 14 Januari 2012)

Martinis Yamin & Bansu I. Ansari. 2008. Taktik Mengambangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Matyas, M. Lakes. Teaching and Learning by Inquiry, Journal. The American Physiological

Society. (Diakses 14 Januari 2012)

Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mohhamad Ali & Moh. Asrori. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Mukhlis. 2009. Ekologi Energi. Jakarta: Graha Ilmu.

Mulyasa E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Mustofa Kamil. 2001. Andragogi. Bandung: UPI Press.

Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pupuh F & Sobry S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Ratna Wilis Dahar. 1991. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Reece, Ian and Stephen Walker. 1997. Teaching, Traning, and Learning. Gateshead: Athenaeum Press.

Ricki M. Mulia. 2005. Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Graha Ilmu.

Roestiyah N. K. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofan Amri & Iif K.A. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sudjoko. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidu., Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijanto. 2008. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi aksara.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inoovatif. Jakarta: Gaung Persada.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

W. Gulo Santrock. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.  Jakarta: Kencana.

Wisnu Arya Wardhana. 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan.  Yogyakarta: Andi Press.

Woolfolk Anita. 2008. Educational Psychology Active Learning Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Yusuf Subagja. 2001. Ekolog. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zakiah Darojat. 1983. Perawatan Jiwa Untuk Anak, Jakarta: Bulan Bintang.

URL :

 

Document

 
back