Abstrak |
: |
Pembelajaran yang berkualitas ditandai oleh adanya interaksi antar sesama warga Belajar dalam penggalian materi pembelajaran. Untuk menciptakan kondisi seperti Ini sangat dimungkinkan oleh guru yang memiliki komitmen untuk memajukan perta didiknya. Kemerdekaan dalam berpikir dan kemandirian belajar pesan didik terpenuhi hak belajar siswa merupakan sebuah penciri pembelajaran yang dermutu. Sebagai garda terdepan dalam menghasilkan pribadi unggul melalui
pembelajaran, guru dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas dirinya. Salah
satu strategi pembinaan yang kini tengah semarak digaungkan yaitu dengan
mengimplementasikan lesson study dalam pembelajaran. Lesson study merupakan
strategi pembinaan profesi pendidik yang diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran
atas tahapan plan, do, see. Pada tahap plan, guru atau dosen merancang rencana
pembelajaran (chapter design dan lesson design) secara kolaboratif. Pada tahap do
guru model melaksanakan open lesson pembelajaran dengan dibantu oleh para guru
dari dalam sekolah dan luar sekolah untuk mengobservasi pembelajaran. Pada tahap see, semua observar bersama guru model melakukan aktivitas merefleksi pembelajaran dengan menyampaikan berbagai temuan pengamatan aktivitas siswa belajar. Hal ini dilakukan untuk membuat-desain yang akan digunakan pa
u wa mwa guru mengajar dengan lesson study
semoga menjadi alternatif solusi menghadapi tantangan era MEA dalam bidang pendidikan
Kata kunci: strategi pembinaan guru, siswa saling belajar (learning community)
dan lesson study
|
Bibliography |
: |
Daftar Pustaka
Hendayana. Sumar., Sukirman., Karim, MA. 200. Studi Peran IMSTEP dalam Penguatan Program
Pendidikan Guru MIPA Berbasis Lesson Study di Indonesia. Educationist. Vol 1 (1): 28-38.
Lewis, C. 2002a. Lesson study: A Handbook for Teacher-Led Improvement of Instruction (Brief
guide to lesson study). Philadelphia: Research for better schools. Online.
www.lessonresearch.net/briefguide.pdf.
Lewis, Catherine, & Jacqueline Hurd. 2011. Lesson Study Step by Step. How Teacher Learning Learning
Community Improve Instruction. USA: Heinemann
Twelker, Paul A., Urbach, Floyd D., & Buck, James E. 1972.The Systematic Development of
Instruction. Stanford: ERIC Clearinghouse on Media and Technology.
|