Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

ERI SARIMANAH

Judul : PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK YANG APRESIATIF
Abstrak :

Sebagai salah satu komponen di dunia pendidikan, guru memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu membimbing dan mendidik karakter anak didiknya. Melalu penerapan pembelajaran cerita pendek yang apresiatif penenaman nilai-nilai karakter bangsa dapat diwujudkan. Langkah pembelajar dikemas ke dalam tiga tahapan, pertama, menumbuhkan keterlibatan jiwa pembelajar dalam mengapresiasi cerpen. kedua menumbuhkan pemahaman dan penghargaan terhadap karya sastra para sastrawan. Langkah ketiga menganalisis nilai-nilai karakter yang tertuang dalam cepern dihubungkan dengan realitas kehidupan. 

kata kunci : model pembelajaran apresiatif, nilai karakter, cerpen. 

Tahun : 2012 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 11 / 2012
ISSN/ISBN : 1412-4548
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Pustaka Rujukan 

Bang Hyun Suk, Koh young Hun, dkk. 2007. Laut dan Kupu-kupu (terjemahan) Jakarta: Gramedia

Faruk, H.T. 1994, Sosiologi Sastar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hardjana, Andre. 1991. Kritik Sastra : sastra pengantar. Jakarta: Gramedia

Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk membentuk daya saing dan karakter Bangsa. 

Luxemburg, J.P, dkk. 1992, Pengantar Ilmu Sastar. Jakarta. Gramedia

Mahayana, Maman S. 2007. Ekstrinsikalitas Sastar Indonesia Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 

URL :

 

Document

 
back