Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuli Wahyuni, Akbar Sugih Miftahul Huda

Judul : EFEKTIFITAS PENANGGULANGAN GIZI KRONIK TERHADAP PENYAKIT YANG DIDERITA IBU HAMIL MENGGUNAKAN DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) SEBAGAI SOLUSI MEWUJUDKAN MASYARAKAT INDONESIA SEHAT
Abstrak :

ABSTRAK

 

Status gizi ibu hamil merupakan salah satu indikator dalam mengukur status gizi masyarakat. Jika masukan gizi untuk ibu hamil dari makanan tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh maka akan terjadi defisiensi zat gizi. Empat masalah gizi utama di Indonesia yaitu Kekurangan Energi Kronik (KEK), Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY), Kekurangan Vitamin A (KVA), dan Anemia Gizi Besi (AGB). KEK dapat terjadi pada wanita usia subur (WUS) dan pada ibu hamil. Seseorang dikatakan menderita risiko KEK bilamana LILA <23,5 cm. Pengambilan keputusan pada pemilihan gizi Kronis ibu hamil umumnya mempunyai faktor-faktor yang berbeda, banyak berbagai cara dalam mengoptimalkan gizi pada ibu hamil antara lain dengan cara mengukur Lingkar Lengan Atas (LILA) ibu hamil sebagai salah satu indikator status gizi ibu hamil yang sehat dan tidak.LILA normal adalah lebih dari 23,5 cm ketidak normalan semasa kehamilan dapat menyebabkan berbagai penyakit pada ibu hamil dan janin yang dikandung. Berbagai alternatif ketidak sesuaian dengan tingkat normal dan tidaknya serta penyakit yang diderita ibu hamil dalam pemenuhan gizi dari tiap ibu hamil yang berbeda-beda antara ibu hamil yang satu dan yang lain untuk dirinya dan janin sehingga membuat pakar gizi terkadang masih kurang tepat dalam mendiagnosis ibu hamil normal dan tidaknya serta sering timbul kerancuan dalam pengambilan keputusan sehingga para pakar gizi membutuhkan visualisasi atau komputerisasi yang membantu dalam pengambilan keputusan, tetapi pada dasarnya sistem ini bukan mengambil alih posisi pengambil keputusan untuk mendapatkan keputusan akhir.

Kata Kunci : LILA, KEK, Gizi, Ibu Hamil.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2019
ISSN/ISBN : 9 772442 241DD6
PTN/S : Universitas Dhyana Pura Program Studi : TEKNIK KOMPUTER (D3)
Bibliography :

  1. Agustina, Sherly, (2003), Analytical Hierarchy Process untuk Sistem Penggajian Pegawai, Tugas Akhir, Teknik Informatika STIKI Malang.
  2. Almatsier, S, 2003 Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Arisman, 2003, Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, Jakarta.
  4. Daihani, Dadan U, 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, PT Elexmedia Komputindo, Jakarta
  5. Departemen Kesehatan,RI. ,2009. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
  6. Hertanto, 2005, Anemia dan Status Gizi Mikro Pada Ibu Hamil, Seminar Nasional, Ilmu Kesehatan Masyarakat
  7. Indiarti, MT, 2006, Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan dan Perawatan Bayi, Diglossia Media, Jogjakarta.
  8. Kusrini, M.Kom, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta.
  9. Mahirawati, 2014, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Kamoning dan Tambelangan, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Litbang Kesehatan, Kemenkes RI.
  10. Patimah, 2007, Pola Konsumsi Ibu Hamil dan Hubungannya Dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi, J. Sains dan Teknologi, Vol 7, 137-152, Desember 2007.
  11. Sprague, R. H, and H. J. Watson, 1993, Decision Support Systems, 3rd Ed, Englewood Cliffs, Prentice Hall, New Jersey.
  12. Subagio, 2002, Hubungan Antara Status Seng Ibu Hamil Dengan Perubahan Status Besi dan Kadar Hemoglobin Pasca Suplementasi Besi, Seminar Nasional, Ilmu Kesehatan masyarakat.
  13. Sumantri, Bambang, 2009. Konsep Teori Kekurangan Energi Kronis. http://mantrinews.blogspot.com di akses pada tanggal 20 Agustus 2018.
  14. Turban Erfaim, dkk. 2005. Decision Support Systems and intelligent System, 7 Edission, Andi Yogyakarta.
  15. Yuliastuti, 2014, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin, An Nadaa, Vol 1, No 2, 72-76, Desember 2014.

URL : https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/issue/view/77

 

Document

 
back