Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang pemerolehan dan
penggunaan bahasa pada anak usia sekolah dasar dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini
menggunakan metode longitudinal case studi atau studi kasus longitudinal dan metode
deskriptif, sedangkan teknik penelitian menggunakan teknik analitik isi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pemerolehan dan penggunaan bahasa pada anak usia sekolah dasar terdapat
pemerolehan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Inggris. Penggunaan bahasa sebagai sebuah
sistem, sebagai ungkapan personal, dan interpersonal sudah cukup baik dan sudah dapat
menggunakan dalam struktur yang tepat, meskipun masih juga ditemukan kesalahan struktur
dan makna pada penggunaan bahasanya. Pada anak usia sekolah dasar pemerolehan bahasa
dan penggunaan bahasanya masih terus berkembang untuk mencapai kesempurnaan. Orang
tua, guru, dan orang di lingkungan sekitarnya sangat berperan dalam membimbing dan selalu
memberi masukan untuk mencapai kesempurnaan dalam pemerolehan dan penggunaan
bahasanya
|
Bibliography |
: |
[1] Pateda, Mansoer. 2007. Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende Flores. Nusa Indah
[2] Verhaar. 2001. Asas-Azas linguistik Umum. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
[3] Chaer, Abdul. 2000. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.
[4] Hadley, Alice Omaggio. 1993. Teaching Language 2 Edition. Heinle and Heinle. USA
[5] Sodiq, Syamsul. 2001. Psikolinguistik. Universitas Terbuka.
[6] Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguitik. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
|