Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Eri Sarimanah

Judul : PENINGKATAN PROFESIONALISTAS GURU DI ABAD 21 MELALUI PENGUBAHAN MINDSET DAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstrak :

Abstract

 

The improvement of 21st century teachers professionalism can be achieved through the change of teachers’ mindset and the application of scientific approach. The 21st century teachers are different from the teachers in the past time. The 21st century teachers work and are always ready to face the fast growing of science and technology change in the global era. The 21st century students are the students who are connected globally with their peers around the globe, can access different information easily, and used to do collaborative activities. Thus, it needs an effort to change the teachers mindset and to apply scientific approach. The change of teachers’ mindset is done by creating teachers who are able to teach with heart; to use technological tool, information technology literacy and communication; are creative and innovative; has curiousity and ability to solve problem, able to create the culture of critical thinking and problem solution, able to communicate and cooperate, as well as develop creativity and contextual learning in the learning activities. Besides, it needs a learning approach that makes the students used to do mental process in learning by applying scientific approach that makes the students able to observe, question, experiment, associate and network. By using this pattern the expectation to have professional teachers in 21st century can be achieved.

 

Keyword: Teacher Professionalism, mindset changing, saintifiq approach

Abstrak

 

Peningkatan profesionalitas guru di abad 21 dapat terwujud salah satunya dilakukan dengan pengubahan mindset guru dan penerapan pendekatan saintifik. Guru di abad 21 berbeda dengan guru di abad lampau. Guru masa kini/abad 21 bekerja, dengan selalu siap menyongsong perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat dalam era globalisasi. Siswa abad 21 merupakan siswa era digital, siswa yang terkoneksi secara global dengan teman sebaya mereka di seluruh dunia, siswa yang bisa mengakses berbagai pengetahuan dengan mudah, siswa terbiasa beraktivitas secara kolaboratif. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya dengan melakukan pengubahan mindset guru dan penerapan pendekatan saintifik. Pengubahan mindset guru dilakukan dengan menciptakan guru yang mampu mengajar dengan hati, guru yang cakap menggunakan peralatan teknologi, literasi teknologi informasi dan komunikasi, guru yang kreatif dan inovatif, guru yang memiliki hasrat ingin tahu, memiliki kemampuan memecahkan berbagai hambatan, guru yang dapat menciptakan budaya berpikir kritis dan pemecahan masalah, mampu berkomunikasi dan bekerja sama, mencipta dan membaharui, mengembangkan kreativitas, belajar kontekstual dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengondisikan siswa terbiasa  melakukan proses mental dalam belajarnya dengan menerapkan pendekatan ilmiah /saintifik yaitu siswa yang terampil: mengobservasi, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan, membangun jejaring. Dengan memolakan seperti ini harapan memiliki guru-guru profesional di abad 21 kiranya dapat terwujud.

 

Kata kunci: Profesionalitas guru, pengubahan mindset, pendekatan Saintifik

Tahun : 2014 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / 2014
ISSN/ISBN : 2356-1947
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Pustaka Rujukan

 

Anthony,  Edward M. Approach, Method, and Technique English Learning. Ann Arbor: University of Michigan Press. 1963.

Badan Standar Nasional Pendidikan. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BNSP. 2010.

Freud, Sigmund. Suatu Pengantar ke dalam Ilmu Jiwa Sigmund Freud. Bandung: Pustaka Sarjana. 2007.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud No. 81A: Implementasi Kurikulum 2013.  Jakarta: Kemdikbud. 2013.

Santrock, John W. Educational Psyhology. America New York: McGraw-Hill, 2009.

Semiawan, Conny. dkk. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo, 1992.

Surya, Mohamad. Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta. 2014.

Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan. Magelang: Indonesiatera. 2003.

URL :

 

Document

 
back