Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Eri Sarimanah

Judul : MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review)
Abstrak :

 
Ditengah derasnya arus informasi yang mengalir
demikian pesat dibutuhkan suatu suatu teknik, metode,
maupun  strategi membaca yang memungkinkan pembaca
dapat mudah untuk men
erapkannya

dalam memahami bahan

bacaan. Model pembelajaran membaca berbasis strategi
metakognitif PQ4R menjadi suatu alternatif yang perlu
dilakukan. Hal ini didukung realita yang secara empiris 
ditemukan di lapangan bahwa sangat diperlukan suatu
model pembelajaran membaca yang dapat meningkatkan
kemampuan memahami bahan bacaan. Kesulitan mereka
pada umumnya dalam hal memahami pesan, menemukan
gagasan pokok, dan menyimpulkan isi bacaan, bahkan
mengomunikasikan hasil baca.  

Tahun : 2018 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : - / - / 2018
ISSN/ISBN : 978-602-6254-55-9
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Akhadiah, Sabarti. 
Evaluasi dalam pembelajaran Bahasa
.
Jakart
a: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
Dirjen Dikti. 1988.

Akhadiah, Sabarti dkk.
Pedoman Pelaksanaan Pengajaran 
Membaca di SMP
. Jakarta: P
3
G.
1993.


Alexander

J. Estil (ed)
Teaching Reading.

Boston

Scott 
Foresman and company. 1988.

Amirin, Tatang M. 
Pokok
pokok

Teori Sistem
. Jakarta: 
Rajawali, 1987.

Anderson, Lorin W.  and David Krathwohl.
A Taxonomy for 
Learning, Teaching, and Assessing
.New York:
Longman. 2001.

Anderson, Richard C, dkk.
Becoming A Nation of 
Readers.
Cambridge: Cambridge University Pre
ss 1985.

Anthony, Edward M.
Approach, Method, and Technique 
English Learning. Ann Arbor: University of Michigan
Press. 1963.
 
Arsyad, A. 
Media Pembelajaran
, edisi 1. Jakarta: PT.
Raja
Grafindo Persada.

2002.
 
 

URL :

 

Document

 
back