Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Deddy Sofyan, Mursidah Rahmah, Istiqlaliah Nurul Hidayati, Abdul Rosyid

Judul : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI DIPHTHONG MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN DRIM BERBASIS LESSON STUDY
Abstrak :

English Phonology adalah salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa karena mahasiswa diminta untuk menghafalkan teori-teori yang berkaitan dengan cara pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Untuk memecahkan permasalahan ini, tim dosen bersepakat untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model “DRIM”(dictating, reading, identifying, modeling). Penelitian ini dilaksanakan dalam empat siklus melalui program Lesson Study. Model pembelajaran ini terdiri dari: 1) tahapan dictating, mahasiswa mendengarkan kata-kata dosen lalu menuliskan apa yang mereka dengar. 2) Tahapan reading, mahasiswa diberi teks yang berisi kata-kata yang mengandung diftong. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan sebelum dosen menerangkan materi untuk mengukur kemampuan dasar mahasiswa. 3) Tahapan identifying. Pada tahapan ini, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi teks yang diberikan dan mencari kata-kata yang mengandung diftong. Setelah faham dengan diftong dan cara melafalkannya, tahapan terakhir adalah 4) tahapan modeling. Pada tahapan modeling, mahasiswa diminta untuk mencontohkan cara membaca kata-kata yang mengandung diftong dengan benar lalu diikuti oleh teman-teman lainnya. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, manfaat yang diambil adalah a) memberikan latihan yang cukup banyak dan bervariasi, b) mengembangkan sikap hati-hati dalam mendengarkan/menyimak, serta c) menumbuhkan percaya diri siswa/mahasiswa untuk memberikan contoh yang benar bagi teman-teman yang lainnya.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 8 / 2016
ISSN/ISBN : 24602175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

  

Rust, Frances and Clark, Christopher. (2015). How to do Action Reseacrh in Your Classroom. Chicago: TNLI Metlife.

 

Hewings, Martin. (2004). Pronunciation Practice Activities. A Resource Book for Teaching English Pronunciation. UK: Cambridge University Press.

 

Celce-Murcia, M., et al. (1996). Teaching Pronunciation: A Reference for Teachers of English to Speakers of Other Languages. Cambridge: Cambridge University Press

 

Davis, M. and M. Rinvolucri. (2002). Dictation, New Methods New Possibilities. UK: Cambridge. University Press

 

URL :

 

Document

 
back