Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Resyi A Gani

Judul : GAYA BELAJAR KINESTETIK SISWA TUNARUNGU BERPRESTASI
Abstrak :

Gaya Belajar Kinestetik Siswa Tunarungu berprestasi. Gaya belajar yang berbeda untuk siswa yang berbeda juga. Guru dapat menggunakan gaya belajar sesuai dengan kebutuhan siswa tunarungu sebagai sumber belajar alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Melalui gaya belajar guru dapat menyesuaikan pembelajaran agar bisa diterima siswa dengan baik, sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar siswa tunarungu berprestasi di Sekolah Luar Biasa B Tunas Kasih 2 Kota Bogor, sejauhmanakah gaya belajar yang digunakan oleh siswa tunarungu berprestasi dan kesulitan apa yang terjadi jika siswa tunarungu mempunyai gaya belajar kinestetik yang berbeda-beda. Penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Sekolah Luar Biasa B Tunas Kasih 2 Kelurahan semplak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Fokus penelitian ini meliputi gaya belajar kinestetik dan siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data berupa pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa B Tunas Kasih 2 Kota Bogor menggunakan gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam gaya belajarnya, namun yang lebih dibutuhkan siswa tunarungu melalui pengelihatannya karena dengan pengelihatannya siswa bisa lebih mengetahui banyak hal, dari keterbatasnnya yang tidak bisa mendengar. Simpulan dari penelitian ini adalah Gaya belajar kinestetik siswa tunarungu berprestasi di Sekolah Luar Biasa B Tunas Kasih 2 Kota Bogor menggunakan gaya belajar visual, yang mengandalkan pengelihatan untuk kegiatan pembelajaran. Selain itu Gaya belajar kinestetik siswa tunarungu memberikan keterampilan cara memahami pengetahuan dan kegiatan dilingkungan sekolah serta repleks bergerak berbicara dengan cepat serta kegiatan di Sekolah Luar Biasa B Tunas Kasih 2 Kota Bogor.

 

Kata kunci           : Gaya Belajar dan Siswa Tunarungu Berprestasi

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 10 / 2 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN P : 1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

Fadilah, M. et.al. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri 

Haenudin.2013. Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus Tunarungu.Jakarta : PT. Luxima Metro Media

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Nasution,S. 1996. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta : PT. Gramedia

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

URL : http:/ejournal.unpak.ac.id

 

Document

 
back