Judul | : | Implementasi Program Go Green School (GGS) di SMK Wikrama Bogor | ||||
Abstrak | : | Tesis ini berusaha menggambarkan implementasi program GGS pengembangan kurikulum berbasis lingkungan dan pengembangan budaya hidup sehat di SMK Wikrama Bogor, dimulai dari proses penyusunan kurilum berbasis lingkungan dan pengembangan budaya hidup sehat. Proses penyusunan kurikulum berbasis lingkungan yang terintegrasi pada sejumlah mata pelajaran, dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru, dapat dikembangan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan dibahas pada In Haouse Training. Model pembelajaran diserahkan sepenuhnya ke Guru tim pada saat penyusunan RPP, pada umumnya model pembelajaran yang digunakan inquiry learning lebih ditekankan kearah kognitif, psikomotorik, apektif. Untuk kelompok mata pelajaran normatif lebih ditekankan kearah penerapan apektif. Problem solving secara dokumentasi tidak ditemukan, dan CBT (Curiculum Based Training) dilaksanakan setiap 2 (dua) orang siswa secara terjadwal, pada mata pelajaran PLH, Kewiraan dan Produktif APK (AdministrasİPerkantomn), Evaluasi hasil belajar dengan menİlaİ berdasarkan kognitif, psikomotorik, apektif siswa. Pengembangan budaya hidup şehal mcnjadİ budaya SMK Wİkrama ditcrapkan pada seluruh sekolalt seliingga presentase jumlah siswa yang sakil maksimal 2%ibulan, kegİatan utama menİngkalnya pcngetahuan warga sekolah dalam pola hİdup sehat, tersebarnya informasi mengenaİ pola hidup sehat dilingkungnn sekolah. Rangkaian kegiatan: penempelan rambu-rambu kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah,pembelajaran bahaya merokok dan budaya hidup sehat darİ instansi terkaİt, pemilahan sampah organik, anorganik dan şampah kertas, sosialilasi makanan sehat dan bergizi kepada seluruh warga sekolah, dan mengkampanyekan budaya hidup sehat dan bergizi kepada seluruh warga sekolah, dan mengkampanyekan budya hidup sehat ke warga masyarakat sekitar sekolah, rayon, sekolah-sekolah dan instansi terkait. |
||||
Tahun | : | 2019 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi | |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 45 / 2 / 2009 | |
ISSN/ISBN | : | ISSN NO 2089 5658 | ||||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP | |
Bibliography | : | Anom. Adiwiyata: Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup, 2008. Ari Yusniastuti. Gizi dan Kesehatan. Yogyakarta: Graha 11mu, 2008. Aznil Azvvar. Pengantar 11mu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara, 1983. Burhan Bungin.Analisis Data Penelitian Kualitatif; Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005. Crombie R.W., Curriculum Innovation; A Celebration of Classroom Pratice, terjemahan Aprilia B. Hendrijani. Jakarta: Grasindo, 2005. Daniel Murdiyarso. Protokol Kyoto: Implikasinya Bagi Negara Berkembang. Jakarta: Buku Kompas, 2003. (a) Sepuluh Tahun Perjalanan Negosiasi: Konvensi Perubahanlklim. Jakarta: Buku Kompas, 2003. (b)
Directorate General of Primary and Secondary Education, Ministry of Education and Culture, January 1997. Dendasurono Prawiroatmodjo. Pendidikan Lingkungan Kelautan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997. Dimyati dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006. E. Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004. Fachruddin M. Mangunjaya. Hidup Harmonis dengan Alam: Esai-esai Pembangunan Lingkungan, Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.
Fatah Syukur NC. Teknologi Pendidikan.
H. A. R. Tilaar. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006. Budaya, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999. Hasan Langgulung. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT Pustaka Al Husna Baru, 2004. Hasbullah.Dasar-dasar 11mu Pendidikan.Jaka1ta PT RajaGrafindo Persada, 2005. H. Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
H. Mohamad Surya. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bath Quraisy, 2003. H. Syaiful Sagala. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007. H. Oemar Harnalik. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008. Indan Entjang. 11mu Kesehatan Masyarakat. Bandung: Alumni, 1985 'Carden Eddy Sontang Manik. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan, 2007. Koentjaraningrat. Pengantar Antropologi I. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: GramediaPustaka Utama, 1990.
Alisjahbana. Manusia, Kesehatan dan Lingkungan. Bandung: Alumni, 1998. M. Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007. M. N. Nasution. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005. Mohamad Soerjani. Pendidikan Lingkungan: Penjabaran Perilaku Sejak Dini di Alam Raya. Jakarta: Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan (IPPL), 2008. Arief Y., Dedi F., Lingkungan Hidup: Pendid ikan,Pengelolaan Lingkungan dan Kelangsungan Pembangunan. Jakarta: Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan (IPPL), 2007. (a) Rofiq Ahmad, Rozy Munir. Lingkungan: Sumberdaya Alamdan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia. UI-Press, edisi revisi 2007. (b) Nana Syaoddih Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001. N. aT ar . Siahaan. Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga, 2004. Nasrul Effendy. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 1998. Nunan D. The Learner-Centered Curriculum Development; A Study in Second Language Teaching. New York: Cambridge University Press, 1988. Nursid Sumaatmadja. Manusia dalam Konteks Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: Alfabeta, 2003. Olivia E. B. Curriculum Building in Nursing a Process.Third Edition. New York: National League for Nursing, 1989. Otto Soemarwoto. Atur-Diri-Sendiri: Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pembangunan Ramah Lingkungan: Berpihak Pada Rakyat, Ekonomis, Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2001. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan, 1999.
Print M. Curriculum Development and Design. Australia: Allen dan Unwin. Second Edition, 1993. Richards J. C. Curriculum Development in Language Teaching. Singapore: Cambridge University Press, 2001. Ricky M. Mulia. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Graha 11mu, 2005. Rita Retnowati, Tahapan-tahapan dalam Penelitian (Diktat Kuliah). Bogor: Program Pasca Sarjana Universitas Pakuan, Bogor. 2007 Soekidjo Notoatmodjo. 11mu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip dasar. Jakarta: PT Reneka Cipta, Edisi revisi 2003. 11mu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip dasar. Jakarta: PT Reneka Cipta, 1997. Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005. Subandijah.Pengembangan dan Inovasi Suparlan Suhartono. Wawasan Pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008. Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002. Tfister D.D., Laura J.C., Heroman C. The Creative Curriculum For Preschool. Fourth Edition. Washington, DC: Teaching Strategies Inc, 2002. Website Wikrama: http://www.ggssmkwikrama.net Program Go Green School Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan dan Pengembangan Budaya Hidup Sehat, di akses 06 Januari 2009. |
||||
URL | : | - |