Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

BIBIN RUBINI, INDARINI DWI PURSITASARI, DIDIT ARDIANTO

Judul : MODEL PEMBINAAN GURU IPA BERBASIS LITERASI SAINS
Abstrak :

A. Rasional
Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini menjadi 
kunci penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Berbagai tantangan
yang muncul antara lain berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup,
pemerataan pembangunan, dan kemampuan untuk  mengembangkan  sumber 
daya  manusia.  Untuk  itu,  pendidikan  Sains/IPA sebagai bagian dari
Pendidikan, berperan penting untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki
literasi sains, yaitu yang mampu berpikir kritis, kreatif, logis, dan berinisiatif
dalam menanggapi isu di masyarakat yang diakibatkan oleh dampak
perkembangan IPA dan teknologi (Prayekti, 2006). Pendidikan IPA (sains)
diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2006). 
Literasi sains seseorang sangat terkait dengan kemampuan membaca dan
menulis, serta menggunakan bahasa secara fasih, efektif, dan kritis (Alwasilah,
2012). Shamos (1995) menyatakan hal yang senada, bahwa untuk menguasai
sains diperlukan kemampuan menggunakan  bahasa secara fasih,  membaca, 
dan  mengkritisi  sains  itu sendiri. Miller (1998) mengemukakan bahwa
kemampuan membaca dan menulis tentang sains dan teknologi adalah
parameter literasi sains. 

Tahun : 2017 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2017
ISSN/ISBN : 978-602-50626-0-5
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Alwasilah, A.C. (2012).Pokoknya rekayasa literasi. Bandung: Kiblat.
Balitbang. (2012). Survei Internasional PISA. Jakarta: Pusat Penelitian 
Pendidikan Balitbag Kemendikbud.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Pengembangan 
Pembelajaran IPA Terpadu. [online]. Tersedia: http://
www.puskur.net/inc/mdl/ 050_ Model_IPA_ Trpd.pdf.  [21 Juni
2015]. 
Evi. (2012). Literasi Sains. Online. Tersedia:
http://evisapinatulbahriah.wordpress.com/2012/06/05/literasisains/.


Fairuzza, B. A.J. 2009. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Model
Integrasi (Integrated Model) Berbasis Konstruktivisme untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4
Malang. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: UM 
Hidayat, S. S. A. 2011.. Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu di
SMP Kota Banda Aceh.
http://fkip.serambimekkah.ac.id/jurnal/soewarno-asmarol.pdf 

Miller, J.D. (1983). Scientifik literacy: A conceptual and empirical
review. Journal of the American academy of arts and siences, 112
(2). 29-48 
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework.
Paris: Organization for Economic Cooperation and Development
(OECD). 
Prayekti. (2006). STM dan Pembelajaran IPA. [Online]. Tersedia:
http:// www.duniaguru.com . [9 Januari 2015] 
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat Model
Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung : Remaja
Rosdaka  
Purwanto, B. dan Nugroho, A. 2012. Eksplorasi Ilmu Alam untuk Kelas
VII SMP dan MTs. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 
Purwoko, Sulistyorini, A., dan Prihantini, W. 2008. IPA Terpadu SMP
Kelas VII. Jakarta: Yudhistira 

URL :

 

Document

 
back