Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Roni Jayawinangun, David Rizar Nugroho

Judul : SEGMENTASI PEMILIH PEMULA BERDASARKAN AKSES BERITA POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL DI KABUPATEN BOGOR
Abstrak :

 Partisipasi politik adalah suatu masalah penting karena merupakan salah satu bentuk dukungan yang datang dari berbagai pihak atau golongan. Partisipasi politik tidak terlepas dari media sebagai sarana informasi bagi masyarakat. Pemilih pemula merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang suaranya diperlukan dalam proses politik. Pemilih pemula dengan media merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan khususnya penggunaan media sosial. Tujuan penelitian terdiri dari beberapa hal yaitu: 1). Mengetahui karakteristik pemilih pemula di Kabupaten Bogor; 2). Mengetahui penggunaan media sosial dalam mengakses berita politk pada pemilih pemula; 3). Menganalisis Tipologi politik pemilih pemula; 4). Menganalisis segmentasi tipologi pemilih pemula berdasarkan akses berita politik pada media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan pengumpulan data menggunakan kuesioner pada 105 responden. Metode sampling menggunakan quota sampling sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif, skor rataan dan CHAID. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa karakteristik pemilih pemula di Kabupaten Bogor didominasi wanita, pendidikan SLTA, tidak berpartisipasi pada organisasi. Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan sebagai akses berita politik. Tipologi pemilih pemula dari persentase yang paling besar adalah pemilih apatis diikuti oleh pemilih naif, teralienasi dan setia, media, semakin banyak akses berita melalui media sosial mendorong pemilih menjadi setia, tanpa mengakses politik melalui media sosial membuat pemilih menjadi apatis.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2019
ISSN/ISBN : 9786239011802
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

 Ali, H. 2018. 9 Perilaku Milenial Indonesia. [pdf document]. Diakses dari http://www.academia.edu/35915408/MEMAHAMI_MILENIAL_INDONESIA_by._Alvara_Research_Center  tanggal akses 12 September 2018

Chandra, F. 2018. Pemilih Muda Dituntut Bertanggungjawab. Tersedia http://jabar.kpu.go.id/2018/04/pemilih-muda-dituntut-bertanggungjawab/ . Diakses pada 11 september 2018

CSIS. 2017. Ada Apa dengan Milenial? Orientasi Sosial, Ekonomi dan Politik. [pdf document]. Diakses dari https://www.csis.or.id/uploaded_file/event/ada_apa_dengan_milenial_paparan_survei_nasional_csis_mengenai_orientasi_ekonomi_sosial_dan_politik_generasi_milenial_indonesia_notulen.pdf tanggal akses 21 September 2018

Firmanzah. 2012. Marketing Politik : Antara Pemahaman dan Realitas . Jakarta: Yayasan Obor.

Gallup. 2012. Media Use in Indonesia 2012. Broadcasting Board of Governor [PDF document]. Retrieved from http://www.bbg.gov/wp- content/media/2012/10/gallup- indonesia-brief.pdf

Hapsari, Dwi R. 2012. Pemanfaatan informasi oleh petani sayuran (Kasus di Desa Ciaruteun Ilir,Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor) [tesis]. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana IPB.

Indikator Politik Indonesia. 2013. Internet, Apatisme, dan Alienasi Politik Temuan Survei Nasional. Survei Nasional Juni 2013.

Komisi Pemilihan Umum. 2018. Daftar Pemilih Tetap Pilkada Serentak Tahun 2018. [serial online]. tersedia di https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/JAWA%20BARAT diakses tanggal 11 September 2018.

Martha, Layung P. 2015. Hubungan Penggunaan Sumber Informasi Kampanye dan Partisipasi Politik (Kasus Pilpres 2014 di Kecamatan Cibinong Bogor) [tesis]. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana IPB.

Perangin-angin, LLK & Zainal, M. 2018. Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal Aspikom Vol 3 No. 4 hal 737-754.

Kaplan, AM., Haenlein, M. 2010. User of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media, Majalah Business Horizons: hal: 69-68

Katadata. 2018. Media yang paling sering digunakan di Indonesia. Tersedia https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/01/media-sosial-apa-yang-paling-seringdigunakan-masyarakat-indonesia . Diakses pada Tanggal 11 September 2018.

Lehmann, T. dan Eherler, D. 2001. Responder Profiling with CHAID and Dependency Analysis. www.informatik.uni-freiburg.de/~ml/ecmlpkdd/WS-Proceedings/w10/lehmann.pdf. Diakses tanggal 11 September 2018.

Saldana M., Shan non, C. M., & Homero, G. D. Z. 2015. Social Media as a Public Space for Politics: Cross - National Comparison of News Consumption and Participatory Behaviors in the United State and the United Kingdom. International Journal of Communication  9 (2015). 3304 - 3 326

Severin WJ, Tankard Jr JW. 2011. Teori Komunikasi  (Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa ). Jakarta [ID]: Kencana Prenada Media Group.

Seligson MA. 1980. Trust, Efficacy and Modes of Political Participation: A Study of Costa Rican Peasants [disertasi]. Cambridge (UK) : Cambridge Universty.

URL :

 

Document

 
back