Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rais Hidayat

Judul : PERBAIKAN KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU DALAM PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan tingkat keeratan hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru dengan Komitmen Organisasional Guru. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Populasi penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri yang berstatus pegawai negeri sipil dengan sampel sebanyak 40. Temuan penelitian yaitu: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen organisasional guru; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja guru dengan komitmen organisasional guru; (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama dengan komitmen organisasional guru. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasional guru dapat ditingkatkan secara signifikan sejalan dengan perbaikan kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru.

 

Kata kunci: kepemimpinan, kepuasan kerja, komitmen organisasional

 

ABSTRACT

The objective of this research is to prove the significant level of correlation between School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commitment. This research was conducted in Cibinong subdistrict of Bogor regency occupaying the survey methode with correlation technique involving 40 respondents as the sample. The findings of this research are as follow: (1) There is significant correlation between School Principal’s Leadership with Teacher’s Organizational Commitment with coefecient correlation 0,874; (2) There is significant correlation between Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commitment with coefecient correlation 0,757: and (3) There is significant correlation between School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commit ment with coefecient correlation 0,932. Base on the research findings above, it could be inferred that Primary Teacher’s Organizational Commitment could be improved significantly as well as the improving School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction

 

Keywords: Leadership, Job Satisfaction, Organizational Commitment

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 9 / 2017
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Agus   Dharma.    Manajemen    Sekolah.    Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine and Michael J.

Wesson. Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw-Hill Irwin, 2009.

De Janasz,  Suzana C., Karen O. Dowd and Beth Z.

Schneider. Interpersonal Skill in

Organization. New York: McGraw- Hill, 2009. E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep,

Strategi, Implementasi. Bandung: Rosda, 2007.

                          .      Menjadi      Kepala      Sekolah

Profesional. Bandung: Rosda. 2007

Fasli Jalal, Muchlas Samani, Mae Chu Chang and Ritchie Stevenson. Teacher Sertification in Indonesia, A Strategy for Teacher Quality Improvement. Jakarta: Kemendiknas, 2009.

Husaini  Usman.  Manajemen,  Teori,  Praktik,  dan

Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara, 2008.

Kartini  Kartono.  Pemimpin  dan  Kepemimpinan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada,

2010.

Khaerul Umam. Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.

Kreitner,          Robert     and     Anggelo     Kinichi.

Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Irwin, 2008.

McShane, Steven L. and Mary Ann Von Glinow.

Organizational Behavior, Emerging

Knowledge and Practice  for Real World. New

 

 

 

York: McGraw-Hill Irwin, 2010.

Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta,

2010.

Rita Retnowati. Metodologi Penelitian. Bogor: Program  Pascasarjana     Universitas  Pakuan,

2008.

Robbins, Stepen P.. Perilaku Organisasi, terjemahan.

Jakarta: Gramedia, 2003.

Soebagio Atmodiwiryo. Manajemen Pendidikan di

Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya, 2005. Sopiah.               Perilaku    Organisasional.    Yogyakarta:

Penerbit ANDI, 2008.

Spector,  Paul  E.  Industrial  and  Organizational

Psychology. Florida: John Wiley & Sons, Inc.,

2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta, 2008.

Soekarto   Indrafachrudi.   Bagaimana   Memimpin

Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia,

2006.

Wahjosumidjo.   Kepemimpinan   Kepala   Sekolah.

Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, James G.

Hunt and Richard N. Osborn. Organisastional Behaviour, A Global Perspective. Australia: Wiley&Sons, 2001.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan  Perilaku  Organisasi.  Jakarta:  Rajawali Pers, 2010.

Yukl, Gary. Leadership in Organization. New York: Pearson Educational Int., 2008.

Anon.  http://www.smeru.or.id.   April 2004: When Teacher Are Absent: Where Do They Go and What Is The Impact On Student, diakses 17

Februari 2011.

Anon.  http://www.smeru.or.id. 20 November 2010: Survei Baseline Kehadiran Guru dan Bantuan Kesejahteraan untuk Guru di Daerah Terpencil, diakses 17  Februari 2011.

URL :

 

Document

 
back