Judul | : | PERBAIKAN KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU DALAM PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA | |||
Abstrak | : | ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk membuktikan tingkat keeratan hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru dengan Komitmen Organisasional Guru. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Populasi penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri yang berstatus pegawai negeri sipil dengan sampel sebanyak 40. Temuan penelitian yaitu: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen organisasional guru; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja guru dengan komitmen organisasional guru; (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama dengan komitmen organisasional guru. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasional guru dapat ditingkatkan secara signifikan sejalan dengan perbaikan kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru.
Kata kunci: kepemimpinan, kepuasan kerja, komitmen organisasional
ABSTRACT The objective of this research is to prove the significant level of correlation between School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commitment. This research was conducted in Cibinong subdistrict of Bogor regency occupaying the survey methode with correlation technique involving 40 respondents as the sample. The findings of this research are as follow: (1) There is significant correlation between School Principal’s Leadership with Teacher’s Organizational Commitment with coefecient correlation 0,874; (2) There is significant correlation between Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commitment with coefecient correlation 0,757: and (3) There is significant correlation between School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction with Primary Teacher’s Organizational Commit ment with coefecient correlation 0,932. Base on the research findings above, it could be inferred that Primary Teacher’s Organizational Commitment could be improved significantly as well as the improving School Principal’s Leadership and Teacher’s Job Satisfaction
Keywords: Leadership, Job Satisfaction, Organizational Commitment |
|||
Tahun | : | 2017 | Media Publikasi | : | jurnal nasional blm akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 1 / 9 / 2017 |
ISSN/ISBN | : | 16935799 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
Bibliography | : | DAFTAR PUSTAKA Agus Dharma. Manajemen Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine and Michael J. Wesson. Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw-Hill Irwin, 2009. De Janasz, Suzana C., Karen O. Dowd and Beth Z. Schneider. Interpersonal Skill in Organization. New York: McGraw- Hill, 2009. E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, Implementasi. Bandung: Rosda, 2007. . Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda. 2007 Fasli Jalal, Muchlas Samani, Mae Chu Chang and Ritchie Stevenson. Teacher Sertification in Indonesia, A Strategy for Teacher Quality Improvement. Jakarta: Kemendiknas, 2009. Husaini Usman. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Kartini Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010. Khaerul Umam. Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010. Kreitner, Robert and Anggelo Kinichi. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Irwin, 2008. McShane, Steven L. and Mary Ann Von Glinow. Organizational Behavior, Emerging Knowledge and Practice for Real World. New
York: McGraw-Hill Irwin, 2010. Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta, 2010. Rita Retnowati. Metodologi Penelitian. Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan, 2008. Robbins, Stepen P.. Perilaku Organisasi, terjemahan. Jakarta: Gramedia, 2003. Soebagio Atmodiwiryo. Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya, 2005. Sopiah. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008. Spector, Paul E. Industrial and Organizational Psychology. Florida: John Wiley & Sons, Inc., 2008. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta, 2008. Soekarto Indrafachrudi. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia, 2006. Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003. Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, James G. Hunt and Richard N. Osborn. Organisastional Behaviour, A Global Perspective. Australia: Wiley&Sons, 2001. Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2010. Yukl, Gary. Leadership in Organization. New York: Pearson Educational Int., 2008. Anon. http://www.smeru.or.id. April 2004: When Teacher Are Absent: Where Do They Go and What Is The Impact On Student, diakses 17 Februari 2011. Anon. http://www.smeru.or.id. 20 November 2010: Survei Baseline Kehadiran Guru dan Bantuan Kesejahteraan untuk Guru di Daerah Terpencil, diakses 17 Februari 2011. |
|||
URL | : |