Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Ani Nuraisyah, Yosa Istiadi, Indarti Komala Dewi

Judul : HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KEUNGGULAN LOKAL DAN SIKAP ETIKA LINGKUNGAN DENGAN WAWASAN EKOLOGI SISWA
Abstrak :

The purpose of this study was to determine the relationship between comprehension of local excellence and ethical environment attitudes with ecological insights. This study was conducted in senior high school in South Tangerang. The study population was 140 with a sample of 104 people taken by proportional random sampling. Data was collected by questionnaire. The data analysis technique used correlation regression partial and multiple. The result show that there is relationship between comprehension of local excellence with ecology insight (ry1 = 0,34), the relationship between environmental ethics attitude with ecology insight (ry2 = 0,25), and the relationship between comprehension of local excellence, environmental ethics attitude with ecology insight (ry12 = 0,42). Based on the result, it can be concluded that the ecology insight can be enhanced through comprehension of local excellence and environmental ethics attitude.
Keywords: comprehension of local excellence; ethics environment attitude; ecology insight

Tahun : 2017 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 9 / 1 / 2017
ISSN/ISBN : p-ISSN 1979-7281 e-ISSN 2443-1281
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Bibliography :

Ahmad TA. 2013. Pembelajaran Sejarah Berwawasan Lingkungan. Indonesian Journal of Conservation. Volume 2 No.1: 74-83.
Ahmadi, dkk., 2012. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dalam KTSP, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Awatara I GPD. 2011. Peran Etika Lingkungan dalam Memoderasi Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Berwawasan Lingkungan terhadap Kinerja Karyawan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Ekosains. III(2):105-120.
Bloom BS. 1954. Taxonomy of Educational Objektives Book I cognitive Domain, New York; Longman Inc.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Eugene O. Basic Ecology, 3rd ed. Philadelphis: Saunders College Publishing, 1971.
Keraf S. 2006. Etika Lingkungan, Jakarta: Buku Kompas.
Margono S. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mcnaughton SJ, Larry lW. 1998. Ekologi Umum, terjemahan Sunaryono Pringgoseputro, Semarang: Gajah Mada University Press.
Mukminan. 2011. Perspektif Teori dan Praktik Implementasi Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Seminar Nasional: Universitas Samawa Sumbawa Besar
Mulyana R. 2009. Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa. 6(2):175-180.
Mumpuni KE. 2013. Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. Jurnal Semnas X Pendidikan Biologi: FKIPUNS 10(4):11-106.
Nazir Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Raharja S. 2011. Pendidikan Berwawasan Ekologi. E-Jurnal: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Riyadi S. 2007. Ekologi Ilmu Lingkungan, Dasar-Dasar dan Pengertiannya, Surabaya: Usaha Nasional.
Rustaman NY, Dirdjosoemarto S, Yudianto SA, Achmad Y, Subekti R., Rochintaniawati D. & Nurjhani M. 2002. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: FPMIPA UPI.
Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Santoso AM, Elly S, Mumun N. 2013. Pembangunan Karakter Melalui Lesson
Hubungan Pemahaman Keunggulan Lokal dan Sikap Etika Lingkungan dengan Wawasan Ekologi
EDUSAINS. Volume 9 Nomor 01 Tahun 2017, 80-80
Copyright © CC-BY-SA | EDUSAINS | p-ISSN 1979-7281 | e-ISSN 2443-1281
Study pada Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Semnas VIII Pendidikan Biologi: FKIPUNS 8(4):357-363.
Soemaroto O. 2004. Ekologi: Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Jakarta: Djambatan.
Soerjani M. 2002. Ekologi Manusia, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja U, Sulo L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Widhiarso W. 2003. Analisis Faktor Konfirmatori pada Big Five Inventori. Manuskrip tidak dipublikasikan. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Widodo A. 2005. Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Jurnal Didaktis. 4(2):61-69.
Wirakusumah S. 2003. Dasar-dasar Ekologi, Jakarta: Universitas Indonesia.
Yamin M. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

URL : Website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains

 

Document

 
back