Judul | : | PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN ALAT-ALAT KESEHATAN (HOSPITAL BED) PADA PT SARANDI KARYA NUGRAHA | |||
Abstrak | : | ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi promosi dan harga terhadap volume penjualan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama pada PT. Sarandi Karya Nugraha. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi dan harga baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap peningkatan volume penjualan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan kuesioner kepada pelanggan dalam hal ini distributor PT. Sarandi Karya Nugraha mengenai persepsi mereka tentang strategi promosi dan harga yang diterapkan perusahaan. Kemudian jawaban dan kusioner tersebut dikorelasikan dengan tingkat pertumbuhan volume penjualan hospital bed perusahaan selama periode tahun 2003-2006. Berdasarkan hasil pengujian dengan analisis product moment secara parsial, diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variable bebas promosi dengan variable terikat volume penjualan. Sedangkan untuk variable bebas harga memiliki hubungan yang cukup kuat (sedang) terhadap peningkatan volume penjualan. Namun secara bersama-sama hubungan kedua variabel bebas tersebut memiliki hubungan yang kuat dan memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap peningkatan volume penjualan yaitu sebesar 50,1%.
Kata kunci: Strategi promosi, harga, dan volume penjualan |
|||
Tahun | : | 2015 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 1 / 2015 |
ISSN/ISBN | : | 2502-1400 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | MANAJEMEN |
Bibliography | : |
Abdul Nasser. (2004). Judul : Analisis Pengaruh Harga, Distribusi dan Image terhadap Penjualan Perusahaan pada PD. Utama Jaya. Jakarta. Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJA. Alifahmi, Hifni. (2005). Sinergi Komunikasi Pemasaran. Jakarta. PT. Mizan Pustaka. Bilson Simamora. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Cravens, David W. (2000). Strategic Marketing 6th Edition. McGraw Hill Company Inc. USA. C.M. Lingga Purnama. (2002). Strategi Marketing Plan. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Gleen Lord Rithre. (2004). Judul : Pengaruh Penerapan Strategi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Ringan Coca Cola di PT. Coca Cola Botting Indonesia. Jakarta. Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis Internasional, Universitas Indonesia. Hahn, E. Fred dan Kenneth G. Mangun. (2002). Beriklan dan Berpromosi Sendiri : Bagaimana membuat yang menarik iklan, brosur, catalog, direct mail, Websites, dan lain -lain. Jakarta. PT. Garasindo. Ibrahim, Darwis. (2004). Smart Selling "Fish Where the Fish Are" : Pendekatan Baru untuk Meningkatkan Penjualan. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. Keluarga Gramedia. Kotler, Philip. (2000). Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation and Control. Millenium Edition. Prentice Hall. Pearson Education Ltd. USA. Kotler & Amstrong. (2001). Priciples of Marketing, Ninth Edition. Prentice Hall Inc. USA. Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta. Pearson Education Asia Pte. Ltd. dan PT. Prenhallindo. Kotler, Philip. (2003). Marketing Management, Elevent Edition. Prentice Hall. Pearson Education Ltd. USA. Kustadi Suhandang. (2004). Public Relations: Kajian, Program dan Implementasi. Bandung. Nuansa Cendekia. Lee, Monle and Carla Johnson. (2004). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta. Prenada Media. Lehmann, R. Donald and Russell S. Winer. (2002). Analysis for Marketing Planning. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York. Mas'ud, Fuad. (2004). Survei Diagnosis Organisasional : Konsep dan Aplikasi. Semarang. UNDIP. McDonald, Malcolm. (2003). How Come Your Marketing Plans Aren't Working? Kunci Sukses Perencanaan Pemasaran. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. Keluarga Gramedia. McNally, David and Karl D. Speak. (2004). Be Your Own Brand : Resep Jitu Meraih Personal Barand yang Unggul. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Nachrowi, Djalal Nachrowi dan Hardius Usman. (2002). Penggunaan Teknik Ekonometri : Pendekatan Populer & Praktis Dilengkapi Teknik Analisis & Pengolahan Data dengan Menggunakan Paket Program SPSS. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. (1999). Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta. Erlangga. Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Graï€ndo Persada. Rangkuti, Freddy. (2002). Creating Effective Marketing Plan : Teknik Membuat Rencana Pemasaran Berdasarkan Customer Values dan Analisis Kasus. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Raoul Kansil Halimudin. (2003). Judul : Pengaruh Promosi dan Distribusi terhadap Hasil Penjualan pada PT. Sintas Kurama Perdana. Jakarta. Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJA. Supranto, J. (2001). Teknik Riset Pemasaran dan Ramalan Penjualan, Edisi Revisi. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Siti Fadilah Supari. (2005). Pembukaan Seminar di RS Lebak, Banten. Trout, Jack. (2004). Trout on Strategy. Menguasi Benak Konsumen, Menaklukkan Pasar. Jakarta. PT. Bhuana Ilmu Populer. Kelompok Gramedia. www.BPK.Penabur.com . Sabtu, 15 September 2007, jam : 13.30 Wib. |
|||
URL | : | https://journal.unpak.ac.id/index.php/jimfe/issue/view/122/showToc |