Judul | : | Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving Siswa SMA pada Pokok Bahasan Stoikiometri Larutan | |||
Abstrak | : | Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving pada Pokok Bahasan Stoikiometri Larutan telah dilakukan untuk mengukur keterampilan problem solving siswa SMA. Tes yang dikembangkan ini disusun dalam bentuk tes tertulis tipe uraian terbatas sebanyak sepuluh butir pokok uji. Setiap butir pokok uji terdiri dari satu soal utama dan delapan soal penuntun yang merupakan langkah-langkah pemecahan masalah. Pengembangan tes ini meliputi beberapa tahap utama, yaitu studi literatur (analisis dokumen), pengembangan tes I, uji coba I, pengembangan tes II, serta uji coba II dan wawancara. Tes yang dikembangkan memenuhi kriteria sebagai alat ukur yang baik dilihat dari validitas teoritis yang tinggi dan reliabilitas tes yang tinggi pula. Sebagian pokok uji pada tes ini memiliki validitas empiris yang tinggi dan sebagian besar pokok uji memiliki tingkat kesukaran yang sedang, serta daya pembeda yang cukup. Sebagian responden memberikan respon yang positif terhadap tes keterampilan problem solving yang dikembangkan, tetapi karena soal-soal seperti ini jarang diberikan oleh guru, maka hampir semua responden lebih menyukai bentuk ulangan yang biasa diberikan dibandingkan dengan tes keterampilan problem solving. Kata kunci: Pengembangan, Tes, Problem Solving |
|||
Tahun | : | 2018 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 01 / 01 / 2016 |
ISSN/ISBN | : | 2502-4787 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | KIMIA |
Bibliography | : | Amalia, F.R. 2010, Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving Siswa SMA Kelas XI pada Materi Pokok Hidrolisis Garam, Skripsi Tidak diterbitkan, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia UPI. Arifin, M. dkk. 2000, Strategi Belajar Mengajar Kimia, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI. Arikunto, S. 2009, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi), Jakarta, Bumi Aksara. Depdiknas. 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kimia SMA, Jakarta, Depdiknas. Firman, H. 2000, Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI. Mettes, C.T.C.W. et. al. 1980, Teaching and Learning Problem Solving in Science. Journal of Chemical Education. vol. 57, no. 12, hh. 882- 885. Nitko, A. J. dan Brookhart, S. M. 2007, Educational Assessment of Student (fifth ed.), Columbus, Pearson Merril Prentice Hall. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Pusat Bahasa. Sukmadinata, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya. Surapranata, S. (2006). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sya’ban, I.Y. (2010). Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving Siswa SMA Kelas XI pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. Tanrere, Munir. 2008. Environmental Problem Solving in Learning Chemistry for High School Students. Jurnal of Applied Sciences in Environmental Sanitation, vol. 3, no.1. Wulandari, N. 2010, Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving Siswa SMK Kelas X pada Materi Pokok Larutan Penyangga, Skripsi Tidak diterbitkan, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia UPI. |
|||
URL | : | http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/download/440/324 |