Judul | : | DEVELOPMENT OF THE INTEGRATED SCIENCE LEARNING BASED ON THEMATIC INNOVATIVE TO CREATE THE CRITICAL THINKING SKILLS AND CHARACTER OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN PALU | |||
Abstrak | : | Abstrak. Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan berkarakter. Kemampuan berpikir kritis dan karakter perlu dibangun pada siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah memvalidasi rancangan program pembelajaran IPA terpadu berbasis tematik inovatif. Validasi dilakukan oleh dosen dan guru. Penentuan validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dilakukan dengan mengkonversi rata-rata skor total menjadi nilai kuantitas (kisaran 1-4), sedangkan penilaian buku ajar dan instrumen penelitian menggunakan skala 1 -5. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor penilaian RPP adalah 3,4; tes kemampuan berpikir kritis sebesar 4,2; angket karakter sebesar 4,6; dan buku ajar sebesar 4,4. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka RPP, tes kemampuan berpikir kritis, angket karakter, dan buku ajar adalah valid dan bersifat praktis.
Kata kunci: tematik, inovatif, berpikir kritis, karakter
Abstract. The utilization of natural resources requires human resources that have critical thinking skills and character. The critical thinking skills and character needs to be developed for junior high school students. Therefore, the aim of this study was to validate the design of the integrated science learning program based on thematic innovative. The validation was accomplished by lecturers and teachers. The determination of the validity of lesson plans was performed by conversion the average of total score into a quantity of value (range 1 to 4), whereas the assessment of textbook and research instrument used a range scale of 1 to 5. The results of this work showed that the mean score of lesson plan was 3.4; the test of the critical thinking skills was 4.2; the character questionnaire was 4.6; and the textbook’s score was 4.4. Thus, based on the criteria used in this study, the lesson plans, the test of ability critical thinking skills, the character questionnaire, and the textbook are valid and practical.
Keywoords : thematic, innovative, critical thinking, character |
|||
Tahun | : | 2014 | Media Publikasi | : | prosiding |
Kategori | : | Prosiding | No/Vol/Tahun | : | - / - / - |
ISSN/ISBN | : | 978-602-0951-00-3 | |||
PTN/S | : | Universitas Tadulako | Program Studi | : | PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM |
Bibliography | : | DAFTAR PUSTAKA
1. Dewi, K., Sadia, I.W., dan Ristiati, N. P. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan IPA. 3. Tersedia di: http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile /548/340. Diakses tanggal 20 Juli 2014
Berdasarkan Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1.(1): 35-46. 5. Pursitasari, I. D. 2013. Profil Siswa SMP Negeri di Kota Palu dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Kimia Tanggal 16 November 2013. Universitas Negeri Yogyakarta: 5-9 6. Pursitasari, I. D., Nuryanti, S. dan Rede, A. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran IPA Terpadu untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa SMP di Kota Palu. Laporan Penelitian Tahun Pertama. Palu: Universitas Tadulako 7. Pursitasari, I. D., Nuryanti, S, dan Rede, A. 2014. Perancangan Program Pembelajaran IPA Berbasis Tematik Inovatif Kelas VII SMP. Kreatif. 17(1): 23-29 8. Puskur, 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum |
|||
URL | : |