Judul | : | Pembelajaran Konsep Pengelolaan Lingkungan dengan Pendekatan SETS untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Generik Mahasiswa PGSD | |||
Abstrak | : | Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan generik mahasiswa PGSD pada konsep pengelolaan dengan pendekatan SETS dan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “The Randomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV pada program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di FKIP Universitas Pakuan yang berjumlah untuk masing-masing kelas 35 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk mengukur kemampuan kognitif dan keterampilan generik mahasiswa, lembar penilaian kinerja mahasiswa, dan lembar angket tanggapan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif dan keterampilan generik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan N-gain kemampuan kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,59) dibandingkan dengan kelas kontrol (0,57). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung adalah 2,00 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Begitu pula dengan keterampilan generik pada kelas eksperimen memiliki nilai N-gain lebih tinggi (0,60) dibandingkan kelas kontrol (0,49) dan berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung adalah 3,11 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi pendekatan SETS lebih baik dalam meningkatkan/melatih kemampuan kognitif dan keterampilan generik daripada pembelajaran konvensional
|
|||
Tahun | : | 2013 | Media Publikasi | : | jurnal nasional blm akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 1 / 5 / 2013 |
ISSN/ISBN | : | 1693-5790 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Daftar Pustaka
Akcay, Hakan and Robert E. Yager. (2010). The Impact of a Science/Technology/Society Teaching Approach on Student Learning in Five Domains. J Sci Educ Technol (2010) 19:602-611).
Amirshokoohi, Aidin. (2010). Elementary Pre- service Teachers’ Environmental Literacy and Views Toward Science, Technology, and Society (STS) Issues. SPRING 2010 VOL. 19, NO. 1
Chin, C & Chia L. (2004a). Implementing Project Work in Biology through Problem Based Learning. Journal of Biological Education. 38 (2), 69-75. http://www.lob.org/download/277.pdf (10 Januari 2008)
Binadja, A. 1999. Hakekat dan Tujuan Pendidikan SETS dalam Konteks Kehidupan dan Pendidikan yang Ada. Makalah Semiloka Pendidikan SETS. RECSAM UNNES. Semarang 14 – 15 Desember 1999.
Brotosiswoyo, B.S. (2000). Halikat Pembelajaran MIPA (Fisika) di Perguruan TInggi, Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional
Dahar, R, W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah. (2002) Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Down, C. (2000). Key Competitions in Training Packages, in Conference Proceeedings, 8th Annual International Conference on Post Compulsory Education of Training, v 2, 132-139. Brisbane: Griffith University
Hamalik, O (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hartono. (2006). Pembelajaran Fisika Modern bagi Mahasiswa Calon Guru. Disertasi Doktor pada SPs UPI: tidak diterbitkan
Hills, G. (2004). In from the Cold- The Rise of Vocational Education, RSA jurnal 22-25
Leea, Mee-Kyeong dan Ibrahim Erdogan. (2007). The Effect of Science–Technology– Society Teaching on Students’ Attitudes toward Science and Certain Aspects of Creativity. International Journal of Science Education. Vol. 29, No. 11, 3 September 2007, pp. 1315–1327
Munandar, U.C.S. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta. Depdikbud
Rustaman, N. Dirjosoemarto, S., Ahmad Y., Yudianto, S.A., Rochintaniawati, D., Nurjhani, M., dan SUbekti, R., (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung. Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sutarno, N. (2004). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Pusat Pembelajaran Universitas Terbuka.
Sukri. (2000). Pendekatan Sains Dalam Pembelajaran Biologi. Tesis Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan
Suyanti, R.D. (2006) Pembekalan Kemampuan Generik Bagi Calon Guru melalui Pembelajaran Kimia Organik Berbasis Multimedia Komputer. Disertasi DOktor pada Pendidikan IPA SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan
Winataputra, (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT Jakarta
Yörük, Nuray. İnci Morgil, Nilgün Seçken. (2009). The effects of science, technology, society and environment (STSE) education on students’ career planning. (Department of Chemistry Education, Hacettepe University, Ankara 06800, Turkey). |
|||
URL | : |