Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarti Komala Dewi

Judul : Pengembangan Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Tradisional Sebagai Upaya Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan
Abstrak :

Salah satu prioritas pengurangan Risiko Bencana  yang tercantum dalam dokumen  Hyogo Framework for Action (HFA)  adalah membangun budaya aman dan siaga  bencana melalui pendidikan. Masyarakat yang rentan menjadi korban bencana adalah anak-anak,  oleh karena itu kesadaran dan kesiapan menghadapi bencana perlu diajarkan pada masyarakat sejak dibangku sekolah dasar. Pemberdayaan siswa sekolah dasar agar memahami mitigasi bencana merupakan langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana. Kabupaten Bogor adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan tingkat Indeks  risiko bencana multi ancaman yang tinggi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan daerah Kabupaten Bogor dalam menghadapi bencana; menganalisis mata pelajaran yang akan disisipi tentang kebencanaan; menganalisis mitigasi bencana berbasis kearifan tradisional yang dapat dijadikan bahan ajar; merumuskan standar kompetensi dan kompetensi inti  pembelajaran mitigasi bencana; merancang materi pembelajaran mitigasi bencana berbasis kearifan tradisional. Analisis yang digunakan adalah analisis skoring, analisis multikriteria, analisis isi (content analysis) dan analisis deskriptive kualitatif. Hasil penelitian adalah  Kabupaten Bogor sebagai salah satu kabupaten yang rawan bencana membutuhkan pembelajaran mitigasi bencana pada jenjang pendidikan dasar. ). Mitigasi bencana dapat diintegrasi pada mata pelajaran IPA, IPS, PJOK dan Bahasa Indonesia. Tema yang dapat  disisipi pembelajaran mitigasi bencana adalah tema 9, tema 2, tema 1 dan  tema 4 Standar kompetensi yang dapat dikembangkan mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Mata pelajaran yang cocok untuk pembelajaran mitigasi bencana adalah IPA, IPS dan bahasa Indonesia

Kata Kunci : Bahan ajar, Mitigasi bencana,  Pendidikan dasar , Standar kompetensi, Risiko bencana,

Tahun : 2015 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : Tahun2 / - / 2015
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PERENCANAAN WILAYAH & KOTA
Bibliography :

Agustiana, I G.A.T ., I M. C. Wibawa, I N. Tika, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi  Bencana Terhadap Pemahaman Dan Ketahanmalangan Siswa, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, hlm.97-105

Ando, S.,  J. Subedi,  A. Fujieda,  H. Nakamura (eds) , 2009, Mengurangi Kerentanan Anak-anak Sekolah terhadap Bahaya Gempa Bumi, Proyek Inisiatif Keselamatan Sekolah Terhadap Gempa Bumi (SESI), United Nation Centre for Regional Development (UNCRD).

Antara News, Selasa, 27 Januari 2015 .  23 Kecamatan di Bogor rawan bencana longsor dan banjir, http://bogor.antaranews.com/berita/11101[ diunggah 2 April 2015]

A . Rusilowati;  Supriyadi;  A. Binadja ;  S.E.S. Mulyani. 2012. Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) : 51-60.

Building Research Institute (BRI) -National Graduate Institute for Policy Studies(GRIPS). 2007. Disaster Education.

Campbell, Jack  and Yates, Roger.2006  . Lessons for life,  Building a culture of safety and resilience to disasters through schools. A briefing paper. Bangalore India : Book for Change.

Dewey, John (1916/1944). Democracy and Education. The Free Press. pp. 1–4.

Dewi, I.K. and Istiadi, Y.(2014). Pengembangan Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Tradisional Sebagai Upaya Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan’. Laporan Penelitian Hibah Fundamental  Tahun I, 2014, p. 1-76.  Unpublish

Dewi, I.K., Sukmanasa, E. , Laihad, G.H. 2015. Pembelajaran Pengurangan Risiko Bencana Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar, Prosiding Seminar Nasional IPA-LH tanggal 22 Agustus 2015. Hlm 184-191.

F. Rosdiana. 2013. Puting Beliung, Bencana Regional dengan Sebaran Nasional, Jurnal Mitigasi Bencana, Oktober 30, 2013

Handayani, N. L. Pt. A.,  S. Zulaikha , MG. R. Kristiantari. 2014. Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology And Society (Sets) Melalui Kerja Kelompok Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N 9 Sesetan, Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014 : 1-9).

Indriyanto, B. (ed). 2010. “Strategi Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana Di Sekolah”. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen  Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Ishak. S Marenda, (2011), Memetakan Gerakan Tanah di jawa Barat, Jurnal Penanggulangan Bencana Volume 2 Nomer 2, Tahun 2011, Hal 24-33.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 1 Benda-benda  di Lingkungan Sekitar, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014b, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Kerukunan Dalam Bermasyarakat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 6 Organ Tubuh Manusia dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 7Sejarah Peradaban Indonesia, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 8 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014a, Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1, 2014, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[KPBI]Konsorsiunm Pendidikan Bencana Indonesia. 2011.Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta : Konsorsiunm Pendidikan Bencana Indonesia . hlm. 1-26.

Kurniawan L.,  S. Triutomo, R. Yunus, M. R. Amri, A. A. Hantyanto. 2014. Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2013,  Cetakan pertama 2014, Jakarta : Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Mas’at , A.  2014, Mitigasi Bencana Alam Musim Peralihan (Pancaroba) http://www.bmkg.go.id/bmkg_pusat/Publikasi/Artikel/

McKeown, Rosalyn.   2002. Education for Sustainable Development Toolkit. Version 2.

Nirmalawati, 2011 ,Pembentukan Konsep Diri pada Siswa Pendidikan Dasar dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No. 1. Pebruari 2011: 61 – 69.

Noor, Djauhari. 2002, Pengantar Mitigasi Bencana Geologi, Jogyakarta: Deepublish

Peraturan Pemerintah No. 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Kepala BNPB No  2 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengkajian Risiko Bencana

Pribadi, Krisna, S. dan Ayu Krisna Yuliawati, 2009, Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus Pada SDN Cirateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung), Metodik Didaktik, jurnal Pendidikan ke SD an , Tahun 9 Nomor 9 Oktober 2009.

Ragil , Z., S.E. Sukiswo . 2011. Penerapan Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Sets Pada Materi Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 69-73.

Saaty. Thomas, L.  1980. The  Analytic Hierarchy Process . New York : McGraw-Hill.

Selby, D.  and F. Kagawa. 2012. Disaster Risk Reduction in School Curricula: Case Studies from Thirty  Countries. UNICEF :  Spain

Sunarto, 2011, Standar Operating Procedure(SOP) Mitigasi Bencana, makalah pada Semiloka Nasional Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogya 11-12 Mei 2011,  hlm 1-11.

Surat Edaran  Mendiknas  No 70a/SE/MPN/2010 tentang strategi Pengarusutamaan Pengurangan  Risiko Bencana Di Sekolah

Triutomo  S. , B. W. Widjaja, M. R. Amri, (eds).  2007. Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya Di Indonesia. .edisi II.  Jakarta:  Pelaksana Harian Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana .  98 hlm.

Undang-undang no  24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

[UNISDR ] United Nation International Strategy for Disaster Reduction , 2005, Hyogo Framework For Action 2005-2015 Building the Resilience of Nations and Communities to Disasters, World Conference On Disaster Reduction 18-22 January 2005, Kobe, Hyogo, Japan

U.S. Department Of Commerce National Oceanic And Atmospheric Administration National Weather Service, (NOAA NWS) tanpa tahun, A Preparedness Guide Including Tornado Safety Information For Schools, NOAA/PA 99050 ARC 1122.

Utomo, B.S. S . 2008. Identifikasi Daerah Rawan Longsor Di Kabupaten Bogor Jawa Barat.  Program Studi Ilmu Tanah Departemen Ilmu Tanah Dan Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

[UNESCO ] United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. 2012. Education for Sustainable Development Sourcebook. Education for Sustainable Development in Action .  UNESCO Education Sector  Learning & Training Tools N°4 – 2012. France : UNESCO

[UN-ISDR]International Strategy  for Disaster Reduction. 2008. Disaster Risk Reduction Begin at School. 2006-2007 World Disaster Reduction Campaign

Wisner, Ben, 2006. Let Our Children Teach Us!A Review of the Role of Education and Knowledge in Disaster Risk Reduction. Bangalore India : Book for change.

Zamroni, Imam. 2012. Model Pengembangan Madrasah Berbasis Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Annual International Conference of Islamic Studies (AICIS)  XII  5-8 November 2012. Surabaya: AICIS  XII.   Hlm 207-227

URL :

 

Document

 
back