Penelitian tcntang Hubungan antara Sikap llmiah dengan Hasil Bclajar Mata Pelajaran Ilmu Pengctahuan Alam bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alamo Data penelitian ini diperoleh dcngan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel sikap ilmiah dan soal untuk data hasil belajar siswa. Uji validitas instrumen sikap ilmiah dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji
reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan untuk hasil belajar uji validitas
dihitung menggunakan rumus Point Biserial dan uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson (KR 20). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 03 Kecamatan Tanah sareal Kola Bogor, berjumlah 77 siswa. Sampel yang diambil 44 siswa, dipcroleh menggunakan rumus Slavin. Pengujian prasyarat analisis berupa uji nonnalitas liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrument quisioner dan soal yang sudah valid dan reliabel
digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukkan tcrdapat hubungan antara sikap ilmiah dcngan hasil belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu
model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Y = -20,23 + 0,3819X,
dengan harga FlU1unsgebesar 23,41 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,04, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 89,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara sikap ilmiah dengan hasil belajar siswa.
Kata Kunei : Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Siswa, IP A
|