ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IImu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Make A Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 05 berjumlah 27 siswa, dengan komposisi 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6S dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 52% yaitu 14 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi
77 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 85% yaitu 23 siswa telah mencapai KKM. Begitu pula dengan perubahan perilaku siswa yang nampak dengan memperoleh nilai rata- rata pada siklus I yaitu 71, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82. Kualitas proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,4 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,9. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pernbelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IImu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 05 Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor. Selain itu, pendekatan pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: hasll belajar, IImu Pengetahuan Alarn, model pembelajaran kooperatif Make A Match
|