Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Bernadetha, Resyi A. Gani, Khaerus Syahidi, Neni Nurkhamidah, Ahmad Tanaka, Ratih Purnama Pertiwi, Erly Lumban Gaol, Khulaifiyah, Resti Septikasari, Sri Rejeki

Judul : Microteaching
Abstrak :

Dalam dunia pendidikan, penilaian kinerja guru atau yang sering disingkat sebagai PKG merupakan salah satu aspek vital yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme para guru. PKG dilakukan secara periodik dan komprehensif untuk mengevaluasi kinerja guru dalam berbagai aspek termasuk  kompetensi mengajar, pengembangan diri, keterampilan interpersonal, dan kontribusi terhadap pengembangan sekolah. Penilaian kinerja guru bukanlah sekadar proses evaluasi semata, tetapi juga merupakan alat untuk memberikan umpan balik yang konstruktif, memberikan motivasi, dan memfasilitasi pengembangan profesionalisme guru. Melalui PKG, guru dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan mereka, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan merencanakan
langkah-langkah pengembangan diri ke depan. Pentingnya PKG dalam dunia pendidikan tidak dapat diabaikan. Dengan melakukan penilaian secara berkala, sekolah dapat mengidentifikasi guru-guru yang telah memberikan kontribusi yang baik dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif, serta mengidentifikasi potensi yang perlu dikembangkan di antara para guru lainnya.

Tahun : 2024 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2024
ISSN/ISBN : 9786238486410
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. 2018. Pengantar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Rajawali Pers.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2016. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Suryabrata, S. 2011. Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers.
Suyadi. 2018. Pembelajaran Kontekstual: Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Tomlinson, C. A., Brighton, C., Hertberg, H., Callahan, C. M., Moon, T. R.,
Brimijoin, K., ... & Reynolds, T. 2003. Differentiating instruction in response to student readiness, interest, and learning profile in
academically diverse classrooms: A review of literature. Journal for the Education of the Gifted, 27(2-3), 119-145.
Zain, A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Kalam Mulia.

URL : https://drive.google.com/file/d/1IF9vnbvIKdpoe7PcqqgZJXHLViakuN0P/view?usp=sharing

 

Document

 
back