Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rais Hidayat, Resyi A. Gani, Yuyun Elizabeth P., Dewi Sulastri

Judul : PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04, Jawa Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji coba prasyarat analisis dan terakhir adalah pengujian hipotesis dengan uji t. Populasi sebanyak 72 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehinga 72 siswa dijadikan sampel. Waktu penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 80, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 71. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 56%. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,9785) > ttabel (1,99). Berdasarkan temuan tersebut penggunaan model Discovery Learning sangat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman di sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning. 

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2, Halaman: 113- 123 / 7 / 2022
ISSN/ISBN : 476-9703
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 3(2), 59–63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/632 Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar GuruGuru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212 Anjani, D., & Hamdani, A. R. (2018).”Penggunaan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema Kebersamaan Dalam Ke”.Vol.4(2),h.243-278. Ariyanto, M. (2016). “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Vol 3(2),h. 134–140. Astari, F. A. dkk.” Efektivitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD”. Vol 2(75),h. 1–11. Era, M., Industri, R., Dasar, K., Karakteristik, I., Didik, P., & Belajar, G. (2018). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 670–671. Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11 Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol 4(1), h.5– 11. Hazimah, N., & Muhammadi, M. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 10(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693 Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92 Marianis, M. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Sdm Smpn 1 Sungai Pua. Radiant, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.52187/rdt.v2i1.33 Md Ghazali, N. H. (2016). A Reliability and Validity of an Instrument to Evaluate the School-Based Assessment System: A Pilot Study. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 148. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4533 

Miasari, N. P., Sumantri, M., & Renda, N. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 319. Muhammad, A. F. N. (2017). Model Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran Di Kelas pada Jenjang SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 29. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1443 Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Vol 3(2), 64–72. Payosi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sekolah …. Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20 Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). "Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Smp Melalui Discovery Learning". Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran. Vol 2 (3), h.241–252. Ramadhani, A. H. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning pada Hasil Belajar Siswa. Mahaguru, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 96– 102. Sari, N. M. M. P., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10830 Sulastri,D. (2022). “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman”. Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019)." Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika". Jurnal Pendidikan Edutama.Vol 6(1), h.11–18. Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3339 Tongco, M. D. C. (2007). Purposive sampling as a tool for informant selection. Ethnobotany Research and Applications, 5, 147–158. https://doi.org/10.17348/era.5.0.147-158 Vania Sasikirana, Y. T. H. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00 Windiyani, T., Novita, L., & Permatasari, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Siswa Sekolah Dasar. JPSD. Vol 4 (1), h.91-101

URL : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/6589

 

Document

 
back