Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rina Rosdiana, Novi Anougrajekti

Judul : Motif Batik Bogor Berbasis Tradisi Budaya sebagai Bahan Teks Faktual Pembelajaran Bahasa
Abstrak :

ABSTRAK

Lingkungan, alam dan masyarakat serta budaya dapat menjadi sarana, sumber, aktualisasi, dan stimulus terhadap suatu karya produktif. Wilayah Bogor kaya akan nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Bentuk kekayaan budaya dapat diwujudkan dalam beragam jenis kebudayaan, di antaranya bahwa unsur kebudayaan kota Bogor seperti adanya Batik Bogor sebagai warisan Budaya menjadi objek budaya yang perlu dipahami masyarakatnya. Media penyampai nilai budaya salah satunya adalah bahasa. Melalui bahasa bentuk kearipan lokal yang dimiliki dapat terkomunikasikan dengan baik dari generasi ke generasi melalui proses pembelajaran. Bahan ajar sebagai salah satu perangkat pembelajaran dapat menjadi sarana pemahaman warisan kebudayaan. Jenis bahan ajar yang mengandung unsur budaya seperti keberadaan beragamnya motif batik Bogor. Bentuk karya produktif yang memanfaatkan bahasa sebagai medianya adalah ragam atau jenis teks yang dapat secara reseptif dan produktif dikuasai siswa. Teks faktual, seperti teks deskripsi, eksposisi, prosedur dan laporan hasil observasi merupakan jenis teks yang dapat mengungkap mengenai budaya yaitu mengenai batik Bogor yang memiliki beragam motif. Motif yang dibuat dari beragam sumber alam dan lingkungan dan objek benda seperti jenis fauna khas Bogor, kijang (Istana Bogor), flora yang ada di Bogor (teratai istana Bogor, bunga bangkai, dam bunga raflesia arnoldi, talas Bogor, dan daun puring). Sumber inspirasi lainnya dari bentuk benda seperti kujang dan angkot (refresentasi kota Bogor sebagai kota yang paling banyak angkotnya di banding kota lain), dan sumber dari kondisi alam Bogor seperti hujan gerimis. Beragam sumber alam yang ada dan bentuk produk seperti batik tersebut dapat menjadi bahan penulisan teks faktual di sekolah. Ragam teks memiliki karakteristik struktur teks tersendiri, sehingga, ragam objek dan produk batik dapat dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Bahan ajar dari pengembangan kearifan lokal ini menguatkan nilai-nilai karakter siswa sebagai upaya penanaman karakter bangsa seperti tuntutan kurikulum.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2021
ISSN/ISBN : 978-623-90740-9-8
PTN/S : Universitas Pakuan, Universitas Negeri Jakarta Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Referensi

  1. E. Wijayanto, “Batik Bogor Tradisiku: Kajian Strukturalisme Genetis dan Memetis,” Melintas, vol. 29, no. 2, pp. 210–224, 2013, doi: 10.26593/mel.v29i2.896.210-224.
  2. E. T. Tosida, “Kujang And Batik Bogor Educational Games To Grow Millennial Generation Enthusiasm For Local Wisdom Through Digital Media,” Int. J. Business, Econ. Soc. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 61–71, 2020, doi: 10.46336/ijbesd.v1i2.35.
  3. R. N. Afianti, A. N. Sastrosubroto, and P. Kusuma, “Perancangan Buku Ilustrasi Dalam Memperkenalkan Batik Bogor Kepada Kalangan Remaja Di Kota Bogor,” e-Proceeding Art Des., vol. 2, no. 3, pp. 3–11, 2015.

 

Referensi lain:

Aktual Borneo yang diakses, 13 Oktober 2013. Tribunnewsbogor.com, Jumat (10/2/2015).

Tribun News Bogor.Com (10/2/2015) https://www.tempatwisata.pro/wisata/Tugu-Kujang Republika (9 Oktober 2021) ”Menilik Regenerasi Batik”.

URL : https://pasca.uns.ac.id/s2kajianbudaya/proceedings-iccusass2021/

 

Document

 
back