Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lusi Agus Setiani, Almasyhuri, Neng Megawati

Judul : Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Kartini Rangkasbitung
Abstrak :

Pelayanan yang berkualitas tinggi dapat memberikan kepuasan kepada pasien, sehingga dapat mempengaruhi pasien untuk kembali ke Rumah Sakit. Untuk meningkatkan pelayanan kefarmasian, evaluasi penilaian kepuasan pasien perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan analisis tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kartini Rangkasbitung. Penelitian ini dilakukan terhadap 164 responden dengan pembagian kuesioner secara purposive sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan metode Servqual yang telah di uji validitas dan reabilits dengan tekhnik Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan nilai dimensi assurance 0,025; veliability 0,005; responsiveness 0,015; emphaty 0,010; dan dimensi tangible -0,09; kategori indeks kepuasan secara keseluruhan sebesar 0,105. Dapat disimpulkan hasil akhir pada setiap dimensi menunjukan nilai positif yang artinya pasien merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh petugas Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kartini Rangkasbitung sangat baik, akan tetapi hasil akhir pada dimensi tangible bernilai negatif dimana ada ketidakpuasan terhadap fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Instalasi RS tersebut. Hasil ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas terkait pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2021
ISSN/ISBN : 2580-2240
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : FARMASI
Bibliography :

Alrubaiee, L. 2011. The Mediating Effect of Patient Statisfaction in The Patient’s Perception of Healthcare Quality. Patient Trust Relationship. International Journal of Marketing Studies. Vol. 3, No. 1, PP. 103-127

Aryani, F., Husnawati, Muharni, S., Liasari, M., & Afrianti, R. 2015. Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Budiman, A. 2014. Kapitalis Selekta Kuesioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Selemba Empat Hermawan, 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta. Kaunang, N. P. V., Citraningtyas, G. Lolo, W. A. 2020. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayana Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Manado: FMIPA UNSRAT. Kholil M., Agustina A., Tumin. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Serviqual Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di PT. NGK Ceramics Indonesia. Jakarta. KemenKes RI. No 51 tahun 2009. Tentang Pekerjaan Kefarmasian Pasal 24 Poin B. Depkes RI, Jakarta. KemenKes R1. Undang-Undang RI No 44 tahun 2009. Tentang Rumah Sakit. Depkes RI, Jakarta. Lovelock, Christoper. H, & Wright, L., 2005. Manajemen pemasaran jasa. Gramedia: Jakarta. M. Jande, A. Liwa, G. Kongola dan M. Justin-Temu, 2013. Assessment of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Services in Hospital Pharmacies in Dar es Salaam, Tanzania. School of Pharmacy, Muhimbili UniveRSity of Health and Allied Sciences, P.O. Box 65013, Dar es Salaam, Tanzania. Vol. 16 (2013) 24-30. Naidu, Aditi. 2009. Factors Affecting Patient Satisfaction and Healthcare Quality. International Journal of Health Care Quality Assurance, vol. 22, No. 2, PP. 366-381. Nimako SG., Azumah FK., Donkor F., Veronica AB. 2010. Overall Customer Satisfaction

URL :

 

Document

 
back