Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Wildan Fauzi Mubarock

Judul : Penerapan teknik Point Untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Kritis Teks Berita Siswa SMP VIII SMP PGRI CIBINONg
Abstrak :

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan teknik POINT dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan membaca kritis teks berita dengan teknik POINT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas ekperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan teknik POINT dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 46.21 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam membaca kritis teks berita, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam membaca cepat teks narasi meningkat menjadi 90.39 dengan taraf keterampilan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3.01 dan db = 54 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,01>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa  mengalami kendala dalam membaca kritis teks berita terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, yang menyatakan bahwa pada hasil angket mengenai membaca sebuah teks dengan teknik POINT dengan persentase 96%, mengenai pada saat menjawab pertanyaan sebelumnya sudah mengetahui tentang teknik POINT dengan persentase 96%.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2686698x / 4 / 2021
ISSN/ISBN : 25987488
PTN/S : Universitas pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Daftar Pustaka Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta El Fanany, Burhan. 2012. Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta: Araska. Emilia, Emi. 2012. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk Untuk Guru: Cetakan2. Bandung: Rizki Press. Hayati, Indah Noor. 2015. Keefektifan Strategi Purpose, Overview, Interpret, Note, Test Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Iskandar, Alex. 1992. Beberapa Pilihan Tentang Penelitian. Bogor. FKIP Universitas Pakuan Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengarahan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE Pradiyono. 2016. Genre Mastering. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. English Through Context. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Rustiyah NK. 1985. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bima Aksara. Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca

URL : https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/index

 

Document

 
back