REFERENCES
Anitah, W,Sri. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran : Jakarta, Erlangga
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Standar Kompetensi Mata PelajaranBiologi Sekolah
MenengahAtas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Diva Pres. Jogjakarta
Hamalik Oemar. 2009. Perencanaan pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Ibrahim, R. 2010. Perenencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Majid Abdul. 2014. Penilaian Autentik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Maikristina, N., Dasna, I.W. & Sulistina, O., 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 MALANG pada Materi Hidrolisis Garam. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.
Poedjiadi, Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Sitiatava Rhizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press
Rezba, R.J., Sprague, C.R., McDonnough, T.J., & Matkins, J.J. 2006. Learning & Assessing Science Process Skills, Fifth Edition. USA: Hunt Publishing
Rustaman, Nuryani, dkk. 2003. Strategi Belajar Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Rustaman . 2003. Keterampilan Proses Sains (Online) (http:biopointtenten.blogspot.com /2010/08/keterampilan proses-proses-sains-kps.html diakses tanggal 4 Nopember 2016.
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Suthers, D. (1996). Distributed tools for collaborative learning And coached apprenticeship approaches
to critical inquiry. ITS'96,June12–14,Montreal.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widyatiningtyas, R. 2004. Peranan Guru dalam Melakukan Keterampilan Proses, Educare.
Wahyudi, Lutfi eko dan Imam supardi . 2013. Penerapan model pembelajaran inkuiri Terbimbing
Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil belajar Di SMAN Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol.02. Tahun .2013,62-65, diakses, 14 Maret 2016, 10 a.m
|