Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Stella Talitha, Rina Rosdiana

Judul : Penerapan Model Project Based Learning dalam Menulis Teks Negosiasi pada Perkuliahan Pengembangan Keterampilan Menulis
Abstrak :

Abstrak. Penelitian ini didasari penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran teks negosiasi. Melalui model ini, mahasiswa diminta mengerjakan proyek video negosiasi dan menulis teks negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran menulis teks negosisasi, (2) kemampuan membuat video negosiasi, dan (3) kemampuan menulis teks negosiasi mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pakuan, Bogor. Kemampuan mahasiswa membuat video dinilai berdasarkan karakteristik video sebagai media pembelajaran. Video yang terkumpul sebanyak delapan video sesuai dengan kelompok yang dibentuk. Karakteristik yang dinilai dalam media video di antaranya (1) kejelasan pesan, (2) representasi isi, (3) visualisasi dengan media, (4) menggunakan kualitas resolusi yang tinggi, (5) dan dapat digunakan secara klasikal atau individual. Dari 8 kelompok mahasiswa yang telah dibentuk, 6 di antaranya memilih dan membuat video negosiasi dengan topik elektronik dengan persentase 75% dan 2 kelompok mahasiswa memilih dan membuat video negosiasi dengan topik otomotif dengan persentase 25%. Kemampuan menulis teks negosiasi mahasiswa memiliki rata-rata sebesar 84,61 yang masuk ke dalam kategori baik. Dari 26 mahasiswa, 9 di antaranya masuk ke dalam kategori sangat baik dengan persentase 34,61%, 12 mahasiswa masuk ke dalam kategori baik dengan persentase 46,15%, dan 5 mahasiswa masuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 19,24%. Hal tersebut menunjukkan kemampuan mahasiswa menulis teks negosiasi berdasarkan video negosiasi yang mereka buat sudah baik.

Kata Kunci: video pembelajaran; teks negosiasi; model Project Based Learning (PjBL)

 

 

APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING MODEL IN WRITING NEGOTIATION TEXT IN DEVELOPMENT OF WRITING SKILLS LECTURE

Abstract. This research is based on the application of the Project Based Learning (PjBL) model on negotiating text learning. Through this model, students are asked to work on negotiating video projects and write negotiating texts. This study aims to describe: (1) the development of Project Based Learning (PjBL) models in negotiating text learning, (2) the ability to make negotiating videos, and (3) the ability to write negotiating texts of fourth semester students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program, FKIP, Pakuan University, Bogor. The ability of students to make videos is assessed based on the characteristics of the video as a learning medium. The videos collected were eight videos according to the group formed. Characteristics assessed in video media include: (1) message clarity, (2) content representation, (3) visualization with media, 4) uses a high quality resolution, (5) and can be used classically or individually. From the 8 student groups that have been formed, 6 of them chose and made a video negotiation with electronic topics with a percentage of 75% and 2 groups of students choose and make a video negotiation with automotive topics with a percentage of 25%. Students ability to write negotiating text has an average of 84.61 which falls into good category. From 26 students, 9 of them included in the excellent category with a percentage of 34.61%, 12 of them included in the good category with a percentage of 46.15%, and 5 of them included in the plenty category with a percentage of 19.24%. This shows the ability of students to write negotiating texts based on the negotiation videos they have made is good.

Keywords: tutorial video; negotiating text; Project Based Learning (PjBL) model

Tahun : 2020 Media Publikasi : jurnal nasional terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 04 / 2020
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handika, Sudiana. (2016). Tips Jitu Lobi, Negosiasi, & Memengaruhi Orang Lain. Yogyakarta: Saufa.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kosasih, E. (2011). Belajar dan pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Resmini, Novi dan Dadan Juanda. (2008). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/2521

 

Document

 
back