Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Diki Muhammad, Almasyhuri, Lusi Agus Setiani

Judul : Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi.
Abstrak :

Kepuasan pasien merupakan penilaian dari seseorang antara kinerja pelayanan yang dirasakan dan diharapkan. Apabila kinerja di bawah harapan maka pasien akan kecewa dan tidak puas, sebaliknya bila kinerja sesuai yang diharapkan pasien, maka pasien akan merasa puas. Pihak rumah sakit harus berhati-hati dalam memberikan pelayanan kesehatan, karena jika pasien sering merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan maka akan berdampak hilangnya pelanggan/pasien, serta tingkat kepuasan pasien sangat tergantung pada mutu pelayanan yang diberikan. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian Observasional analitik (Non-Exsperimental) menggunakan pendekatan metode cross sectional. tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan jumlah responden 126 orang. dengan cara mewawancarai menggunakan kuisioner yang berisi berupa 15 pertanyaan yang sudah divalidasi. Kepuasan pelayanan kefarmasian diukur dengan mengunakan skala likert. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien pada dimensi tangible diperoleh skor 73,1%, realibility 71,3%, responsiveness 75,1%, assurance 72,3%, dan emphaty 80,3%. Secara keseluruhan didapatkan persentase skor rata-rata 74,4% maka dikategorikan pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sekarwangi. Pada karakteristik pasien: umur, pekerjaan, kategori pasien (BPJS/Non-BPJS), dan pendidikan terakhir didapat nilai p-value <0.05 maka hal itu menunjukan adanya hubungan dengan tingkat kepuasan pasien, sedangkan pada karakteristik pasien jenis kelamin tidak terdapat hubungan dengan tingkat kepuasan pasien, karena nilai p-value >0.05.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2020
ISSN/ISBN : 2580-2240
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : FARMASI
Bibliography :

Asmuji, 2013 Manajemen keperawatan, cetakan ke II Edisi duabelas, r-Ruzz Media .Hal 188. Yogyakarta, Bogadenta A. 2012. Manajemen Pengelolaan Apotek. D-Medika: Yogyakarta. Daulay, M.A. 2015. Tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di dua puskesmas di Kota Medan. Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara.

Depkes RI Buku Saku FAQ (Frequently Asked Questions) BPJS. Kementerian Kesehatan RI: Jakarta. Kamil Hajjul, 2010. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di RSUDZA Banda Aceh, Jurnal Ilmiah, Keilmuan Keperawatan Dasar Dasar Keperawatan PSIK-FK Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, ISSN: 2087-2879. Larasaty F. P Luh, 2015. Pengaruh Pelayanan Kefarmasian Residensial terhadap Ketaatan dan Luaran Klinis Pasien Hipertensi, jurnal ilmiah, Universitas Udayana Jimbaran, Bali, Indonesia ISSN: 2252–6218. Librianty Nany, 2017, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan, Jurnal Ilmiah Universitas Phalawan Tuanku Tambusai, ISSN 2623- 1573. Muhibbin Syah, 2010 Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Noviana P, 2017 Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi di RSUD Pare Menggunakan SERVQUAL,Jurnal wiyata Vol 4 No 2. ISSN:2442-6555 Nurhaeni F, Kristoyono E dan Mardikanto O ,2016 Analisis kepuasan pelanggan dengan metode SERVQUAL di Rumah Sakit Condong Catur Yogyakart, jurnal ilmiah, POLTEKES BSI Yogyakarta Volume 4 no 1. ISSN:2337-6007. Novaryatiin S, Syahrida Dian Ardhany, & Siti Aliyah. 2018 Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr Murjani Sampit Jurnal ilmiah Fakultas Farmasi Univeristas Muhammadiyah Palangkaraya. Vol 1 no 1. e-ISSN: 2621-4814. Saman, 2020 Kabupaten Sukabumi Dalam angka (Sukabumi Regency in Figures 2020). Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi. Sani, R A. 2016. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara. BNSP. Supardi U.S 2013 Aplikasi Statistika Dalam Penelitian : Konsep Statistika Yang Lebih Komperhensif .Change Publication ; Jakarta. Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta. Tjiptono, 2012 Service Management Mewujudkan Layanan Pria, Yogyakarta.

 

URL : https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/11606/10464

 

Document

 
back