Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Cicih Handayani

Judul : ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DISLEKSIA
Abstrak :

Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada gaya belajar siswa disleksia di Sekolah Dasar Negeri Dago Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri Dago Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa disleksia di SDN Negeri Dago 02 menunjukkan gaya belajar kinestetik, proses belajar yang membutuhkan banyak gerak atau aktivitas fisik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa disleksia memiliki gaya belajar kinestetik, pada saat proses belajar di kelas Rendi lebih mudah memahami atau menangkap pelajaran dengan aktifitas atau kegiatan yang melibatkan bayak gerak atau fisik.Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada gaya belajar siswa disleksia di Sekolah Dasar Negeri Dago Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri Dago Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa disleksia di SDN Negeri Dago 02 menunjukkan gaya belajar kinestetik, proses belajar yang membutuhkan banyak gerak atau aktivitas fisik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa disleksia memiliki gaya belajar kinestetik, pada saat proses belajar di kelas Rendi lebih mudah memahami atau menangkap pelajaran dengan aktifitas atau kegiatan yang melibatkan bayak gerak atau fisik.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 03 / 2020
ISSN/ISBN : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

  1. Fitriani, Cris Hilda. 2017. Gaya Belajar Siswa Kelas III B SDN Tukangan Yogyakarta. PGSD : Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses 8 Juli 2019.
  2. Juliani 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa KelasV SD Gugus VI. PGSD : Universitas Pendidikan Ganesa. Diakses 8 Juli 2019.
  3. Susilo, M Joko. 2009. Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta : Pinus.
  4. Ghufron, M Nur dan Rini Risnawita, S. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  5. Faryadi, Qais. 2017. Pedoman Mengajar Efektif. Bandung : PT Remaja.
  6. Uno, Hamzah B. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Askara
  7. Suparman S. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta : PinusBook Publisher.
  8. Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak : Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. : PT Elex Media Komputindo
  9. Rofiah, Nurul Hidayati. 2015. Proses Identifikasi : “Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi”. PGSD FKIP UAD. Vol. 2 : 116.
  10. Fyanda, Bunga Fitria. 2011. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Disleksia di SD Negeri 10 Banda Aceh. FKIP Unsyiah. Vol 3(3), hal 53-61. Di akses 28 oktober 2018.
  11. Thompson, Jenny. 2012. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Esensi : Erlangga
  12. Lidwina, Soeisniwati. 2012. Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca dan Menulis. JURNAL STIE SEMARANG. Vol. 4,(3),hal. 9-18.
  13. Pratiwi, Desti dkk. 2014. Gaya Belajar Dominan Pada Siswa Berprestasi Dalam Kegiatan Pembelajaran di SD Negeri 2 Gombong Tahun ajaran 2013/2014. FKIP PGSD Universitas Sebelas Maret tahun. Vol Diakses 3 Februari 2019.
  14. Widyorini, Endang dan Julia Maria Van Tiel. 2017. Disleksia : Deteksi. Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Jakarta : Prenada.
  15. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D , Bandung: Alfbeth. CV
  16. Sutikno, Sobri. 2013. Belajar Dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Lombok : Holistica
  17. Sri, christina P. 2017. Bukan Supermom tapi Smartmom. Yogyakarta:Laksana.
  18. Kusumawati dkk. 2018. Gaya Belajar Siswa Berpretasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 03 Cibelok Pemalang. FKIP PGSD Universitas PGRI Semarang. Vol. 6,(2), hal 1-10.

URL :

 

Document

 
back