Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Elly Sukmanasa, Lina Novita, Yuli Mulyawati

Judul : Keterampilan Dasar Mengajar
Abstrak :

keterampilan dasar mengajar diperlukan seorang guru ataupun calon guru di sekolah. Dalam proses pembelajaran seorang calon guru harus mampu mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar yang diantaranya: membuka dan menutup pelajaran, keterampilan pengelolaan kelas, keterampilan bertanya, keterampilan menggunakan variasi, dan lainnya. Dengan memahami dan mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar tersebut, diharapkan calon guru dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas sesuia dengan tujuan pembelajaran.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : I S B N : 978-623-93590-0-3 / 1 / 2020
ISSN/ISBN : 978-623-93590-0-3
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abimanyu, S. (1985). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta: P2LPTK DIKTI
Alma, B, dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung. Alfabeta.
Anita. I. (1998). Hubungan Persepsi Peserta didik terhadap Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Peserta didik . Skripsi pada Jurusan Teknik Bangunan FPTK:UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.
Anitah, Sri. 2009. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas terbuka
Anitah, W. 1987. Microteaching dan Supervisi Klinis . Surakarta: FKIP UNS.
Aqib, Zainal. 2003. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Edisi Revisi. Surabaya : Insan Cendekia.
Arikunto, S. .2003.. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : Rajawali Pers.
Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------------------------. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Hadi, Amirul dan Haryono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Pustaka Setia.
Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Koentjaraningrat, 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
58
Ma’mur Asmani, Jamal. 2011. Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Yogyakarta : Diva Press
Marno,dan Idris. 2010 . Strategi dan Metode Pengajaran . Jogjakarta : Arruz media
Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong. J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.
Mulyasa, E. .2008. Menjadi Guru Profesional . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1995. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara.
Pohan, I. 2008. Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru PAI Madrasah Ibtidaiyah Tesis PPS UPI Bandung: tidak dipublikasikan.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Rooijakkers. 1991. Mengajar dengan Sukses . Jakarta : Grasindo. Rustaman,
Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Saud, Syaefudin, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta
------------------------------. 2008. Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Soemantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.
Sudjana, Nana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
59
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Prosen Belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, D. (2004). Konsep dan Aplikasi Micro Teaching. Bandung: Pusat Pelayanan dan Pengembangan Media pendidikan (P3MP) UPI.
Sumantri, M. 1999. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: P2LPTK Dirjen DIKTI.
Supin, P. (2003). Efektivitas Keterampilan Guru dalam Proses Belajar Mengajar dan Kaitannya dengan Membuka dan Menutup Pelajaran PIPS di Sekolah Dasar . Tesis PPS UPI Bandung: tidak dipublikasikan.
Surahman, M. (2000). Kemampuan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran pendidikan IPS di Sekolah Dasar. Tesis PPS UPI Bandung: tidak dipublikasikan.
Suwandi, O. & Cecep, S.R. (1996). Teknik-Teknik Keterampilan Proses Belajar Mengajar bagi Guru SD. Bandung: Yayasan Pena Bangsa.
Syaodih, Sukmadinata, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Rosdakarya.
Tim FKIP. 2011. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) – PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, I.G.K. dan Julaeha, Siti, Ngadi Marsinah. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta. Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.K. 1997. Model Simulasi dalam Pembelajaran Interaktif. Jakarta. Universitas Terbuka
Winataputra, Udin s. Dkk. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: universitas terbuka.
Yusup. (2003). Efektivitas Kemampuan Guru dalam PIPS Kaitannya dengan Menutup Pelajaran.Tesis PPS UPI Bandung: tidak dipublikasikan.

URL :

 

Document

 
back