Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Stella Talitha, Rina Rosdiana

Judul : AKTIVITAS KOLABORASI DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS KALIMAT IKLAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 3 CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Abstrak :

Penelitian ini didasari aktivitas kolaborasi siswa dan kemampuan siswa mengembangkan gagasan dalam menulis kalimat iklan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas kolaborasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor? (2) Bagaimana hasil kemampuan siswa mengembangkan gagasan dalam menulis kalimat iklan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas kolaborasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor (2) hasil kemampuan siswa mengembangkan gagasan dalam menulis kalimat iklan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini berupa aktivitas kolaborasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor adalah sebagai berikut. a) mengidentifikasi kalimat fakta dan opini pada produk, b) memberi gagasan/ide tentang kalimat fakta dan opini, c) memberi kesempatan (bergiliran, dalam memberi gagasan/ide tentang kalimat fakta dan opini), d) mendiskusikan jawaban teman kelompoknya, e) memanfaatkan waktu secara efektif, f) menyampaikan gagasan/ide kalimat fakta dan opini sesuai dengan produk, dan g) mengonfirmasi gagasan/ide kalimat fakta dan opini yang dicatat kepada teman sekelompok. Hasil kemampuan siswa mengembangkan gagasan dalam menulis kalimat iklan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Cibinong Bogor sudah baik. Hal ini berdasarkan data pada hasil keterampilan siswa, terdapat 32 data kalimat fakta yang benar atau sebesar 82,05% dan 34 data kalimat opini yang benar atau sebesar 87,18%.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2019
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Alwi, Hasan, dkk. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Indonesia.

Aqib, Z. (2014). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual inovatif. Bandung: Yrama Widya.

Dardjowidjojo, Soenjono, Alwi Hasan,  Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono. 1998. Tata bahasa baku indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, Kerada. (2010). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Garfield, Joan. (2014). Exploring the impact of lesson study on developing effective statistics curriculume. [Online]. Diakses dari http//www.stat.aucland.ac.nz/iase/publication/- 11/Garfield.doc.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jacob, G. M. Lee, G. S., & Ball. J. (1996). Learning cooperative learning via cooperative learning: a sourcebook of lesson plans for teacher education on cooperative learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.

Johns Hopkins University Team. (1994). Cooperative learning 4th ed. Baltimore: Johns Hopkins University, Center for Social Organization of Schools.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen periklanan: konsep dan aplikasinya di indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kosasih, Engkos. (2012). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Yrama Widya.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran, jilid 1, edisi milenium. Jakarta: Prehallindo.

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Lapasau, Merry. (2015). Bahasa ilmiah dalam teks iklan bahasa Indonesia dan bahasa Jerman. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta.

Lee, Monle dan Johnson Carla. (2004). Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global. Jakarta: Prenada Media.

Lewis, C. (2004). Does lesson study have future in the united state? [Online]. Diakses dari http://www.jase.org/2004-1/lesson_lewis.htm.

Muljana, Slamet. (1969). Kaidah bahasa indonesia. Ende Flores: Nusa Indah.

Noviani, Ratna. (2002). Jalan tengah memahami iklan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reid. D. R. (2003). Quality management system – the missing links. Business briefing: global automotive manufacturing & technology: 14. [Online]. Diakses dari http://www.fmeainfocentre.com.

Ruslan, Rosady. (2003). Metode penelitian pr dan komunikasi. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada.

Smith, B. L. & McGregor, J. T. (1992). What is collaborative learning? Washington: Washington Center for Improving the Quality of Undergraduate Education.

Taniredja, Tukiran, dkk. (2011). Model-model pengembangan inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/985

 

Document

 
back