Judul | : | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR | |||
Abstrak | : | Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V masih menerapkan metode pembelajaran konvensional dimana siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru atau (teacher centre). Pembelajaran IPS oleh siswa dianggap membosankan, kurang menarik, tidak begitu penting, dan relatif sulit. Sebagai akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah. Tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal. Media yang biasa digunakan guru sebatas pada gambar-gambar yang ada dalam buku teks. Kondisi ini dapat diatasi dengan pengembangan media yang ada, salah satunya adalah pengembangan media komik digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan penelitian pengembangan atau R &D (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan minat belajar siswa dengan penggunaan media komik digital materi Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk mata pelajaran IPS kelas V SD. Media pembelajaran yang dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi, validasi ahli media, validasi dan hasil ujicoba oleh guru serta tanggapan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital dapat dikembangan dan layak untk digunakan pada proses pembelajaran materi Peristiwa Sekitar Proklamasi utnuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci : media komik digital, siswa, IPS |
|||
Tahun | : | 2017 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 3 / 2017 |
ISSN/ISBN | : | ISSN 2540-9093 | |||
PTN/S | : | Universitas Tirtayasa Banten | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Borg, W.R. & Gall, J.P., Gall, M.D. 2003. Educational Research, An Introduction. (edisi 7). Boston: Pearson Education Inc. Istova, Mika dan Hartati, Tatat. 2016. Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD 2 (1). Munawaroh, 2012. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. PT.Intimedia. Nafis, Zulfa Fatati Nadya.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Audio Visual Bagi Pembelajaran Ekonomi Materi Kurs Valuta Asing Di Sma Negeri 8 Malang. Jurnal JPE 9 (2) Nurinayati, Fitri. Nurmasari Sartono, dan Dian Evriyani. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal BIOSFER VII (2) Santrock, John W. 2012. Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill. Setyaningsih, Harum Aris., Winarno, Muh Hendri Nuryadi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah 3 (2). Sudjana dan Rivai, 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset. Sukarjo. 2006. Penilaian Hasil Belajar Kimia. Yogyakarta: UNY. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Tedjasendjaja, Gratianus Aditya., Lai Riko. 2014. Jurnal Ruparupa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia Volume 3 (1). Yandari, Indhira Asih Vivi dan Kuswaty, Maya. 2017. Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JPSD 3 (1). |
|||
URL | : | http://150.107.142.250/index.php/jpsd/article/view/2138 |