Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita

Judul : Pengantar Kajian Seni SD
Abstrak :

Kesenian di sekolah umum pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya mungkin dapat tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan pada siswa yang meliputi kegiatan pengamatan, penilaian, serta penumbuhan rasa memiliki melalui keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni di dalam kelas dan atau di luar kelas.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2019
ISSN/ISBN : 978-623-90058-0-1
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Cetakan ke-1. Yogyakarta: PT. Kanisius.

------- 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Budi    S    Catur.    2012.    Pendidikan    Seni    Rupa.    Surakarta:    Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewey, John. 1944. Experience & Education. United States America: Macmillan Publishing.

Eisner, Elliot W. 1972. Educational Artistic Vision. New York: McMillan. Gazalba, Sidi. 1977. Pandangan Islam Tentang Kesenian. Jakarta: Bulan Bintang. Gie, The Liang. 1976, Filsafat Seni (Sebuah Pengantar). Yogyakarta: Pusat Belajar

Ilmu Berguna(PUBIB).

Haviland, Wiliam. 1993. Antropologi. Jakarta: Erlangga.

Kartika, Dharsono Sony. 2007. Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains. Lowenfeld, Victor. 1982. Creative and Mental Growth, Eisi V, New York:

McMillan.

Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, cet-ke-3. Pamadhi, Hajar, dkk. 2012. Seni Keterampilan Anak. Tanggerang Selatan:

Universitas Tebuka.

Pratt, David. 1980. Design and Development Curriculum, New York: Harcourt Brace Javanovich Publishers.

Purnomo, W. dan Subagyo, F. 2010. Terampil Bermusik untuk SMP dan MTs.

Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidika Nasional.

Puspita, Padma. 1996. Pararaton Katutukanira Ken Angrok. Yogyakarta: Taman Siswa.

Rader Melvin, Ed. 1973. A Modern Book of Esthetics: An Anthology. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Read, Herbert. 1968.The Meaning of Art. London: Faber&Faber.

--------- 1982, Education Through Art, Pinguin Books.

Salam, S. 2004. Paradigma dan Masalah Pendidikan Seni. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Sedyawati, Edi. 2007. Budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni, dan sejarah. Jakarta : Divisi Buku Perguruan Tinggi, Raja Grafindo Persada.

Soedarso Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan, Eksistensi dan Kegunaan Seni.

Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

-------. 1990. Tinjauan Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sarana.

 

-------. 1987.Tinjauan Seni, Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB. Sukaryono, Eddy.1988. “Seni Rupa 2”. Surakarta.Widya Duta.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Susanto, Mike. 2002. “Diksi Rupa.Yogyakarta.DictiArt Lab”, Yogyakarta: Jagad Art Space,

Sumanto, 2006. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Depdikbud. Supartono. 1992. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suryono. 1985. Kamus Antropologi. Jakarta: Akademika Pressindo. Tocharman, Maman. 2006. Pendidikan Seni Rupa. Bandung: UPI PRESS. Wickiser, Ralph., L, 1957, An Introduction to Art Education. New York: World

Book Company.

--------.1975. Menuju Ke Pendidikan Seni. Terjemahan A.J. Soehardjo.

 

URL :

 

Document

 
back