Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Abd. Manan; Gustiar; Resyi A. Gani; Agus Purnomo; Romaida Karo-Karo; Irvan Abbas; Fudial; Fitriyah; Imelda Oliva Wissang; Maria Kanusta

Judul : PENDIDIKAN LITERASI
Abstrak :

Konsep literasi menunjukkan paradigma baru dalam upaya memaknai literasi dan pembelajarannya.tujuan literasi meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca berbagai informasi, meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca, meningkatkan kemampuan dalam memberikan penilaian kritis terhadap karya tulis. lietasi pendidikan;pembelajaran bahasa indonesia; budaya literasi; perspektif literasi; gls; media literasi;jiwa penulis;literasi buku ajar; penilaian literasi;literasi global

Tahun : 2023 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2023
ISSN/ISBN : 9786238857401
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi
Aksara .
Abidin. ( 2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Al-Aulad. (2019). Journal of Islamic Primary Education, 2 (1), 1--7.
Ali Muakhir. (2013). 21 Hari Mengubah Kebiasaan B aik. Kompasiana
30 Desember.
Ali. N. B. V, Setiawan, I. M. B, Joko, B. S, Ulumuddin, I, & Julizar, K.
(2018). Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian
dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2018. Website: https://Litbang.Kemdikbud.
go.id email: Puslitjakbud@Kemdikbud.go.id.
Amilia, Fitri. (2018). “Peran Guru dalam Pengembangan Literasi
Sekolah”.Prosiding Seminar dan Workshop Nasional. Universitas
Muhammadiyah Palangkaraya.
Darmanto. (2007). Perpustakaan Sekolah Kamus Lengkap Inggris-
Indonesia, Indonesia-Inggris. Surabaya: Arkola.
Deni, D., Koswara. (2008). Bagaimana Menjadi Guru Kreatif.
Bandung: PT Pribumi Mekar .
Dikdasmen. (2016). Panduan GerakanLiterasi Sekolah di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kemendikbud.
Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (201). Buku
Panduan Gerakan Literasi Sekolah.
Faisah, U.D, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah
Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah Kementerian Pendidikan danKebudayaan.

Fazila. (2020). Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi
Siswa Kelas V di MIN 7 Pidie Jaya. Fakultas Tarbiyah danKeguruan
Universitas IslamNegeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ferguson. (2001). Information Literacy (A Primer For Teacher,
Librarians, and other Informed people). Dikutip dari www.
bibliotech.uspdf./infoLit.Pdf.
Fitriyani, Piya. (2016). Peran Guru dalam Mengembangkan Gerakan
Literasi melalui Kegiatan Kunjungan Perpustakaan di Kelas 2
Sekolah Dasar.
Ginting. D, Fahmi, Dian I. F, Yani S. M., Nining I, D. S. (2021). Literasi
Digital dalam Dunia Pendidikan di Abad Ke-21 (1st Ed.). Malang:
Media Nusa Creative.
Hartati, T. (2016). Multimedia in Literacy Development At Remote
Elementary Schools In West Java (Multimedia Dalam
Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat).
Jurnal Edutech, 15 (3), 301-310. Doi: https://Doi.Org/ISSN:
0852-1190.
Hasugian, Jonner. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi
Perpustakaan dan Informasi, 4 (2).
Hattie, J.A.C. (2003). Visible Learning a Synthesis of Over 800 Meta-
Analyses Relating to Achievement. New York: Routledge.
Holbrook, Jack and Miia Rannikmae. (2009). The Meaning of Scientific
Literacy.
Jariah, Siti & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi
Sekolah. Prosiding Pendidikan Program Pascasarjana Universitas
PGRI. Palembang.
Johnson, Elaine. B. (2008). Contextual Teaching & Learning.
Bandung: Mizan Learning Center.
Kemendikbud. (2016). Panduan GLS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
Kemendikbud. (2015). Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta:
Kemendikbud.

Fazila. (2020). Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi
Siswa Kelas V di MIN 7 Pidie Jaya. Fakultas Tarbiyah danKeguruan
Universitas IslamNegeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ferguson. (2001). Information Literacy (A Primer For Teacher,
Librarians, and other Informed people). Dikutip dari www.
bibliotech.uspdf./infoLit.Pdf.
Fitriyani, Piya. (2016). Peran Guru dalam Mengembangkan Gerakan
Literasi melalui Kegiatan Kunjungan Perpustakaan di Kelas 2
Sekolah Dasar.
Ginting. D, Fahmi, Dian I. F, Yani S. M., Nining I, D. S. (2021). Literasi
Digital dalam Dunia Pendidikan di Abad Ke-21 (1st Ed.). Malang:
Media Nusa Creative.
Hartati, T. (2016). Multimedia in Literacy Development At Remote
Elementary Schools In West Java (Multimedia Dalam
Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat).
Jurnal Edutech, 15 (3), 301-310. Doi: https://Doi.Org/ISSN:
0852-1190.
Hasugian, Jonner. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi
Perpustakaan dan Informasi, 4 (2).
Hattie, J.A.C. (2003). Visible Learning a Synthesis of Over 800 Meta-
Analyses Relating to Achievement. New York: Routledge.
Holbrook, Jack and Miia Rannikmae. (2009). The Meaning of Scientific
Literacy.
Jariah, Siti & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi
Sekolah. Prosiding Pendidikan Program Pascasarjana Universitas
PGRI. Palembang.
Johnson, Elaine. B. (2008). Contextual Teaching & Learning.
Bandung: Mizan Learning Center.
Kemendikbud. (2016). Panduan GLS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
Kemendikbud. (2015). Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta:
Kemendikbud.

Kemendikbud Ristek. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan
Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Jenjang
Sekolah Pertama. Kemendikbud Ristek. Dikutip dari https://
cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan.
Kern, Richard. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford
University Press.
Koesoema. D, Sutjipto, Diyon I. D. S, Hanifah. N, Miftahussururi, Meyda
N. N, M. N, Syahriana. Q. A. (2017). Pedoman dan Penilaian
Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Mas, S. R, Noval, K. P. D, Noviantyi, D. (2019). Evaluasi Pelaksanaan
Program Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. JMSP (Jurnal
Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4 (1), 45–51. Doi: https://
Doi.Org/DOI:10.17977/UM025V4I12019P045.
Merchant, Lucy. (2002). Information Literacy of Teachers and Pupils in
Secondary School.
Munaf, S. (2001). Evaluasi Pendidikan. Bandung: FPMIPA UPI.
Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan Metode Simulasi dalam
Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS Bagi
Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 87–95.
Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Lampiran IV tentang
Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar
Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspita, A.M.I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan
Buku Teks Berbasis Kontekstual untuk Siswa Kelas II Sekolah
Dasar. Jurnal Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10),
1880—1883.
Puspita. A. M. I. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan
Kontekstual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di
SDN I Campurdarat. Jurnal Dewantara, 4 (1), 33--45.
Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi
Aksara.

Resmini, Novi. (2013). Orasi dan Literasi dalam Pengajaran.
Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia.
Romdhoni, A. (2013). Al-Quran dan Literasi: Sejarah Rancang-Bangun
Ilmu-Ilmu Keislaman. Depok Literatur Nusantara. Dikutip dari
http://Kin.Perpusnas.Go.id/.
Saomah, A. ( 2008). Implementasi Teori Belajar dalam Pendidikan
Literasi. Online.
Sari, E. S. (2013). Model Multiliterasi dalam Perkuliahan Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal LITERA, 12 (2).
Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Syafitri. Nabila, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap
Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6218–6223. Doi:
https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3207.
Widayoko. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi
Sekolah dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal
Tatsqif, 16 (1), 78--92. Doi: https://doi.org./1020414/jtq.146i.
134.
Wiedardarti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta:
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian dan Kebudayaan.
Willian, English, Evelyn. (2017). Pendidikan Literasi. Bandung:
Penerbit Nuansa Cendekia.
Yunus Abidin dkk. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi
Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains,
Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Yushinta Eka Farida. (2017). Pengembangan Buku Ajar Bahasa
Indonesia sebagai Penunjang Perkuliahan. Jurnal Pendidikan
dan Profesi Pendidik, 3, h. 31..

 

 

 

 

URL :

 

Document

 
back